Jumat 31 Mar 2023 00:15 WIB

Sempat Dirawat karena Infeksi Paru, Kondisi Paus Fransiskus Membaik

Paus Fransiskus dilaporkan sempat mengeluhkan kesulitan bernapas

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Kantor Pers Vatikan melaporkan Kamis (30/3/2023), kondisi Paus Fransiskus dikabarkan semakin membaik setelah sempat dirawat di rumah sakit karena infeksi pernapasan.
Foto: AP/Gregorio Borgia
Kantor Pers Vatikan melaporkan Kamis (30/3/2023), kondisi Paus Fransiskus dikabarkan semakin membaik setelah sempat dirawat di rumah sakit karena infeksi pernapasan.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Kantor Pers Vatikan melaporkan Kamis (30/3/2023), kondisi Paus Fransiskus dikabarkan semakin membaik setelah sempat dirawat di rumah sakit karena infeksi pernapasan. Sebelumnya Paus Fransiskus dilaporkan sempat mengeluhkan kesulitan bernapas, sehingga harus diperiksa dan dirujuk ke rumah sakit.

"Paus dirawat dengan baik sejak malam hari," kata Matteo Bruni, direktur Kantor Pers Tahta Suci Vatikan, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan dalam bahasa Italia.

"Gambaran klinis semakin membaik, dan perawatan yang direncanakan berlanjut," kata Bruni, menurut sebuah terjemahan. "Pagi ini setelah sarapan, Paus membaca beberapa surat kabar dan kembali bekerja. Sebelum makan siang dia pergi ke kapel kecil di apartemen pribadi, di mana dia berkumpul untuk berdoa dan menerima Ekaristi."

Paus Fransiskus, berusia 86 tahun, dibawa pada hari Rabu ke Rumah Sakit Universitas Gemelli di Roma. Pejabat mengatakan dia akan diminta untuk tinggal selama beberapa hari untuk menerima perawatan medis yang tepat.

"Dalam beberapa hari terakhir, Paus Fransiskus mengeluhkan beberapa kesulitan pernapasan dan sore ini dia bawa ke [rumah sakit] Gemelli untuk beberapa pemeriksaan medis," bunyi pernyataan yang dirilis pada hari Rabu. "Hasilnya menunjukkan infeksi pernapasan (tidak termasuk infeksi Covid 19) yang memerlukan beberapa hari perawatan medis rumah sakit yang sesuai."

Tidak diketahui jenis infeksi pernafasan apa yang diderita paus atau jenis perawatan apa yang dia perlukan. Dengan menginapnya semalam Paus di rumah sakit, menandai pertama kalinya Vatikan secara terbuka mengumumkan bahwa Fransiskus telah pergi ke rumah sakit sejak dia menjalani operasi untuk mengangkat sebagian ususnya pada Juli 2021.

Presiden Joe Biden menyebut paus dalam sambutannya di sebuah acara Rabu merayakan Hari Kemerdekaan Yunani. "Paus sedang sakit sekarang, jadi ucapkan doa ekstra untuknya," kata Biden, yang pada 2021 menjadi pemimpin AS Katolik Roma pertama dalam lebih dari setengah abad sejarah AS. Biden sempat bertemu dengan Kepala Gereja Katolik Paus Fransiskus di Vatikan.

Paus Francis pada hari Kamis mengirim pesan terima kasih kepada mereka yang mendoakannya dengan baik. "Saya tersentuh dengan banyaknya pesan yang diterima dalam jam-jam ini dan saya mengucapkan terima kasih atas kedekatan dan doanya," kata Biden di Twitter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement