Sabtu 01 Apr 2023 18:27 WIB

36 Jenazah Ditemukan di Dalam Sumur yang Runtuh di Kuil India

Sekretaris dewan kuil termasuk di antara yang tewas.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Korban tewas (ilustrasi). Sebanyak 36 jenazah telah ditemukan di dalam sebuah sumur yang runtuh di kuil Hindu di India tengah. Video runtuhnya kompleks candi pada Kamis (30/3/202) di Indore, negara bagian Madhya Pradesh membuat situasi menjadi kacau.
Foto: www.123rf.com
Korban tewas (ilustrasi). Sebanyak 36 jenazah telah ditemukan di dalam sebuah sumur yang runtuh di kuil Hindu di India tengah. Video runtuhnya kompleks candi pada Kamis (30/3/202) di Indore, negara bagian Madhya Pradesh membuat situasi menjadi kacau.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sebanyak 36 jenazah telah ditemukan di dalam sebuah sumur yang runtuh di kuil Hindu di India tengah. Video runtuhnya kompleks candi pada Kamis (30/3/202) di Indore, negara bagian Madhya Pradesh membuat situasi menjadi kacau.

Sebuah ekskavator merobohkan dinding kuil berusia puluhan tahun untuk membantu orang melarikan diri. Hampir 140 penyelamat, termasuk personel tentara, menggunakan tali dan tangga untuk menarik jenazah dari sumur setelah memompa keluar air. Jalan sempit dan puing-puing di dalam sumur mempersulit penyelamatan.

Baca Juga

"Kami telah menemukan 36 jenazah dan semua orang telah dipertanggungjawabkan sekarang," kata Pawan Kumar Sharma, komisaris perusahaan kota setempat, kepada The Associated Press.

Sharma mengatakan, sekretaris dewan kuil termasuk di antara yang tewas. Saksi mata mengatakan, kerumunan besar orang memadati kuil untuk melakukan ritual api dan merayakan festival untuk dewa Rama. Komisaris Polisi, Makrand Deoskar, mengatakan, orang-orang jatuh ke air ketika bangunan itu runtuh dan tertutup puing-puing yang berjatuhan. 

Pejabat setempat, Shivraj Singh Chauhan, mengatakan, struktur bangunan itu ambruk karena tidak dapat menangani beban massa yang besar. Chauhan telah memerintahkan penyelidikan.

Sebuah tim penyelamat tentara bergabung dalam operasi pada Kamis (30/3/2023) malam.  Surat kabar The Times of India melaporkan pekerjaan penyelamatan dipercepat setelah kamera bawah air menunjukkan mayat-mayat mengambang di perairan sumur yang berlumpur.

Chauhan mengatakan, 33 mayat telah diidentifikasi. Sementara 16 orang yang terluka tetap dirawat di rumah sakit. Kerabat yang menangis mengambil jenazah para korban dan mengunjungi rumah sakit tempat para korban luka dirawat.

Otoritas kuil telah berhenti menggunakan sumur bertahun-tahun yang lalu dan menutup lubangnya dengan panggangan besi dan ubin. Otoritas kota pada Januari memerintahkan pemilik kuil untuk membuka penutup sumur karena itu tidak aman dan tidak sah. Tetapi otoritas kuil mengabaikan peringatan itu.

Runtuhnya bangunan umum terjadi di India karena konstruksi yang buruk dan kegagalan mematuhi peraturan. Pada bulan Oktober, jembatan gantung kabel berusia seabad runtuh ke sungai di negara bagian barat Gujarat.

Insiden ini menyebabkan ratusan orang terjun ke air dan menewaskan sedikitnya 132 orang dalam salah satu kecelakaan terburuk di negara itu dalam dekade terakhir.

sumber : AP
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement