Senin 03 Apr 2023 11:22 WIB

Presiden Mesir dan Suriah akan Bertemu Akhir April

Mesir dan Suriah melakukan diskusi lanjutan untuk memulihkan hubungan diplomatik

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi kemungkinan akan bertemu Presiden Suriah Bashar Al-Assad pada akhir April.
Foto: Reuters/Mohamed Nureldin Abdallah
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi kemungkinan akan bertemu Presiden Suriah Bashar Al-Assad pada akhir April.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi kemungkinan akan bertemu Presiden Suriah Bashar Al-Assad pada akhir April. Wall Street Journal yang mengutip sumber informasi melaporkan, Kairo dan Damaskus sedang melakukan diskusi lanjutan untuk memulihkan hubungan diplomatik dan mengadakan pertemuan tingkat tinggi antara kedua negara.

"Pertemuan Sisi-Assad kemungkinan akan berlangsung setelah akhir bulan suci Ramadhan pada akhir April," kata laporan Wall Street Journal.

Namun tanggal dan tempat pertemuan tidak disebutkan. Sejauh ini tidak ada komentar dari otoritas Mesir atau Suriah atas laporan tersebut.

Pada Sabtu (1/4/2023) Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Mesir di Kairo. Ini merupakan kunjungan pertama dalam lebih dari satu dekade.

Kementerian Luar Negeri Mesir mengatakan kedua belah pihak sepakat untuk mengintensifkan saluran komunikasi antara kedua negara, dengan maksud untuk mengatasi masalah dan hal-hal yang menjadi kepentingan kedua negara. Kunjungan Mekdad adalah yang pertama ke Mesir sejak keanggotaan Suriah di Liga Arab ditangguhkan pada November 2011, menyusul penumpasan brutal rezim terhadap protes pro-demokrasi.

Rezim Suriah bertukar kunjungan resmi dengan beberapa negara Arab dalam beberapa tahun terakhir. Kunjungan ini berlangsung di tengah laporan tentang kemungkinan kembalinya keanggotaan Suriah di Liga Arab.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement