Kamis 06 Apr 2023 22:20 WIB

Anwar Ibrahim: Serangan Pasukan Israel Terhadap Jamaah Masjid Al Aqsa Kejahatan Keji

Masyarakat internasional diserukan tuntut rezim Israel hentikan tindakan provokatif.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Polisi Israel mengawal pengunjung Yahudi yang menandai hari raya Paskah ke kompleks Masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Tempat Suci Mulia dan bagi orang Yahudi sebagai Temple Mount, menyusul penggerebekan semalam di situs tersebut, di Kota Tua Yerusalem pada  bulan suci Ramadhan, Rabu (5/4/2023). Pasukan Israel melakukan kekerasan terhadap jamaah di kompleks Masjid Al Aqsa, Palestina, Rabu (5/4/2023)..
Foto:

Kantor berita Palestina, WAFA, dalam laporannya mengungkapkan, pasukan Israel melakukan pengusiran secara paksa dan brutal. Saat peristiwa itu berlangsung, sejumlah jamaah berada di Masjid Al-Qibli, yakni salah satu masjid di kompleks Al Aqsa.

Jamaah yang berada di Masjid Al-Qibli menutup pintu masjid agar pasukan Israel tak dapat melenggang masuk. Namun, tanpa sebab, pasukan Israel justru merusak dan menjebol jendela Masjid Al-Qibli, kemudian menembakkan gas air mata ke dalamnya.

Paparan gas air mata menyebabkan sejumlah jamaah mengalami sesak. Berdasarkan video yang viral di media sosial, setelah menembakkan gas air mata, pasukan Israel merangsek masuk ke dalam Masjid Al-Qibli.

Mereka memukuli sejumlah jamaah menggunakan tongkat dan laras senjata. Saat penggerudukan dan pengusiran berlangsung, pasukan Israel mencegat tim medis yang berusaha memasuki kompleks Al-Aqsa. Israel menangkap lebih dari 500 orang dalam eskalasi ketegangan terbaru di situs tersuci ketiga umat Islam tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement