Rabu 12 Apr 2023 23:20 WIB

Xi Perintahkan Militer Cina Tingkatkan Kesiapan Tempur

Presiden Cina juga perintahkan transformasi militer.

Kapal bergerak melalui Selat Taiwan seperti yang terlihat dari tempat pemandangan 68 mil laut, titik terdekat di daratan Cina ke pulau Taiwan, di Pingtan di Provinsi Fujian Cina tenggara, Jumat, 5 Agustus 2022. Cina melakukan latihan militer berskala besar yang digelarnya selama tiga hari di Selat Taiwan.
Foto:

Pemerintah Cina mengatakan, latihan militer berskala besar yang digelarnya selama tiga hari di Selat Taiwan merupakan peringatan serius terhadap Taiwan yang terus mendorong kemerdekaan. Latihan itu pun dimaksudkan memperingatkan pasukan eksternal agar tidak mencampuri isu Taiwan.

"Tentara Pembebasan Rakyat (Cina) belum lama ini mengorganisasi dan melakukan serangkaian tindakan balasan di Selat Taiwan serta perairan sekitarnya, yang merupakan peringatan serius terhadap kolusi dan provokasi pasukan separatis kemerdekaan Taiwan serta pasukan eksternal," kata juru bicara Kantor Urusan Taiwan Zhu Fenglian dalam pengarahan pers, Rabu (12/4/2023).

Fenglian menyebut, ancaman militer Cina ditujukan pada kegiatan separatis kemerdekaan Taiwan dan campur tangan kekuatan eksternal. Beijing tak membidik rekan senegaranya di Taiwan.

"Ini adalah tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas wilayah," ujar Zhu.

Sementara itu, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan, tur diplomatiknya belum lama ini ke Amerika Tengah dan Amerika Serikat (AS) menunjukkan tekadnya mempertahankan kebebasan serta demokrasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement