Jumat 14 Apr 2023 15:08 WIB

Israel Bebaskan Polisi yang Tewaskan Warga Palestina di Masjid Al Aqsa

Israel menyebut aparatnya bertindak sesuai hukum untuk membela diri

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Pihak berwenang Israel mengatakan pada hari Kamis (13/4/2023), bahwa penyelidikan internal atas pembunuhan seorang warga negara Palestina berusia 26 tahun awal bulan ini di Masjid Al Aqsa telah usai. Mereka mengatakan tak menemukan kesalahan yang dilakukan polisi Israel terhadap warga Palestina yang tewas tersebut.
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Pihak berwenang Israel mengatakan pada hari Kamis (13/4/2023), bahwa penyelidikan internal atas pembunuhan seorang warga negara Palestina berusia 26 tahun awal bulan ini di Masjid Al Aqsa telah usai. Mereka mengatakan tak menemukan kesalahan yang dilakukan polisi Israel terhadap warga Palestina yang tewas tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Pihak berwenang Israel mengatakan pada hari Kamis (13/4/2023), bahwa penyelidikan internal atas pembunuhan seorang warga negara Palestina berusia 26 tahun awal bulan ini di Masjid Al Aqsa telah usai. Mereka mengatakan tak menemukan kesalahan yang dilakukan polisi Israel terhadap warga Palestina yang tewas tersebut.

Kantor kejaksaan negara Israel menutup kasus ini pada hari Kamis, dengan mengatakan bahwa polisi bertindak "sesuai hukum untuk membela diri" ketika mereka menembak dan membunuh Mohammed Alasibi, seorang warga negara Palestina yang berasal dari sebuah desa Badui di bagian selatan negara itu. Dia ditembak secara fatal di pintu masuk kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem pada tanggal 1 April.

Baca Juga

Polisi menuduh korban tewas, Alasibi menerkam seorang petugas dan mencoba merebut senjatanya, dan berhasil melepaskan dua tembakan ke udara sebelum petugas tersebut mendapatkan kembali kendali atas senjatanya dan membunuhnya.

Para saksi Palestina memberikan keterangan yang saling bertentangan, mengatakan bahwa Alasibi bertengkar dengan seorang petugas atas dugaan pelecehan yang dilakukannya terhadap seorang jamaah perempuan yang sedang menuju masjid.

Setelah beberapa pertengkaran, warga Palestina mengatakan bahwa mereka mendengar rentetan tembakan - lebih dari selusin tembakan - yang tampaknya ditembakkan ke arah Alasibi dari jarak dekat.

Keluarga Alasibi membantah bahwa ia pernah mencoba menyerang seorang polisi, dan menggambarkannya sebagai orang yang ambisius dan berkepala dingin. Mereka mengatakan bahwa dia baru saja kembali dari belajar kedokteran di Rumania dan sedang berusaha untuk mendapatkan sertifikasi sebagai dokter di Israel.

Jaksa Agung Israel mengatakan bahwa mereka memiliki "bukti yang jelas, langsung dan kuat bahwa tidak ada pelanggaran yang dilakukan" oleh polisi, tanpa menjelaskan lebih lanjut atau memberikan bukti. Meskipun lorong-lorong Kota Tua Yerusalem dipenuhi dengan kamera keamanan, polisi bersikeras bahwa tidak ada rekaman keamanan yang menunjukkan adanya dugaan serangan tersebut.

"Penyelidikan mengungkapkan bahwa insiden tersebut terjadi di 'titik buta' (Kota Tua) yang tidak tercakup oleh kamera keamanan apa pun," kata pernyataan itu.

Ahmad Tibi, seorang anggota parlemen Arab terkemuka di parlemen Israel, mengecam penyelidikan tersebut sebagai pemutihan dan menuntut penyelidikan independen.

"Ini adalah departemen yang tidak kami percayai. Hasilnya sudah diketahui sebelumnya," kata Tibi kepada The Associated Press. "Cerita polisi tidak hanya tidak meyakinkan, tetapi penolakan mereka untuk mempublikasikan video insiden tersebut menegaskan kecurigaan kami... bahwa Mohammed dibunuh dengan darah dingin."

Pihak berwenang Israel mengatakan bahwa penyelidikan mereka melibatkan pembicaraan dengan para petugas yang terlibat, berkonsultasi dengan para saksi dan melakukan pemeriksaan forensik.

Departemen Investigasi Pelanggaran Polisi, yang menangani pengaduan kebrutalan, telah menghadapi kritik di masa lalu karena gagal menyelidiki tuduhan secara menyeluruh.

Sebuah laporan pengawas keuangan negara Israel dari tahun 2017 mengatakan bahwa departemen tersebut menutup sebagian besar kasus yang sedang dipertimbangkan pada "tahap awal" investigasi, sebagian karena kekhawatiran bahwa para petugas mungkin ragu-ragu untuk menggunakan kekerasan ketika diperlukan.

Pada tahun 2015, 66 persen kasus yang dibawa ke departemen tersebut ditutup tanpa menanyai petugas yang terlibat, kata laporan itu. Kurang dari 200 kasus dirujuk untuk tindakan disipliner dari 6.320 kasus yang dibuka pada tahun itu.

"Kami khawatir bahwa menutup file seperti ini akan menyebabkan lebih banyak penembakan, lebih banyak pembunuhan, dan lebih banyak korban jiwa," kata pengacara hak asasi manusia yang berbasis di Yerusalem, Khaled Zabarqa.

Kompleks masjid Al Aqsa telah lama menjadi titik api ketegangan Israel-Palestina. Pekan lalu, sebuah penggerebekan oleh polisi Israel di masjid yang bertujuan untuk mengusir jamaah Palestina yang menimbun petasan memicu kerusuhan di ibu kota Yerusalem yang disengketakan, Tepi Barat yang diduduki dan sekitarnya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement