Jumat 14 Apr 2023 17:57 WIB

Tolak Hapus Artikel Invasi ke Ukraina, Pengadilan Rusia Denda Wikimedia 2 Juta Rubel

Wikimedia menolak menghapus artikel berbahasa Rusia tentang invasi ke Ukraina

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Pengadilan Moskow telah menjatuhkan denda sebesar 2 juta rubel kepada Wikimedia Foundation, organisasi nirlaba yang mengelola situs Wikipedia, Kamis (13/4/2023). Hukuman denda dijatuhkan karena Wikimedia menolak menghapus artikel berbahasa Rusia tentang invasi ke Ukraina di Wikipedia.
Foto: www.psychologicalscience.org
Pengadilan Moskow telah menjatuhkan denda sebesar 2 juta rubel kepada Wikimedia Foundation, organisasi nirlaba yang mengelola situs Wikipedia, Kamis (13/4/2023). Hukuman denda dijatuhkan karena Wikimedia menolak menghapus artikel berbahasa Rusia tentang invasi ke Ukraina di Wikipedia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Pengadilan Moskow telah menjatuhkan denda sebesar 2 juta rubel kepada Wikimedia Foundation, organisasi nirlaba yang mengelola situs Wikipedia, Kamis (13/4/2023). Hukuman denda dijatuhkan karena Wikimedia menolak menghapus artikel berbahasa Rusia tentang invasi ke Ukraina di Wikipedia.

Kantor berita Rusia TASS mengungkapkan, Wikimedia Foundation telah gagal memenuhi tuntutan lembaga pengawas komunikasi Rusia, Roskomnadzor, untuk menghapus artikel di Wikipedia yang berisi "informasi palsu". Artikel yang dimaksud berjudul “Pendudukan Rusia di Wilayah Zaporizhzhia”. Zaporizhzhia adalah satu dari empat wilayah Ukraina yang dianeksasi oleh Rusia pada September tahun lalu.

Manajer hukum senior Wikimedia Foundation Leighanna Mixter mengungkapkan, Wikimedia belum menghapus artikel yang dipermasalahkan. Dia mengatakan, Wikimedia akan menggugat vonis yang dijatuhkan Pengadilan Moskow. “Perintah (penghapusan) ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan oleh Pemerintah Rusia untuk membatasi penyebaran informasi yang andal dan bersumber baik di negara ini,” ujar Mixter seraya menegaskan bahwa Wikimedia akan menolak semua upaya untuk mengekang pengetahuan bebas.

Dia mengungkapkan, Wikimedia telah menerima perintah penghapusan atau penurunan artikel dalam beberapa bulan terakhir. Namun Mixter meyakini, selain sejalan dengan kebijakan Wikipedia, artikel-artikel itu memiliki sumber yang baik. “Diperbaiki oleh editor sukarela Wikipedia dengan lebih banyak kutipan dan informasi terkini,” katanya.

Wikimedia memiliki dua banding aktif untuk denda terkait pemberitahuan penghapusan topik mengenai invasi Ukraina. Mixter menyebut kasus terbaru tidak menghadirkan masalah hukum baru. Wikipedia tak hanya sekali didenda karena menolak menghapus yang dilabeli Moskow sebagai “informasi palsu” tentang perang di Ukraina.

Pada November 2022, Wikimedia didenda 2 juta rubel karena menolak menghapus informasi “palsu” di tujuh artikel Wikipedia tentang “operasi militer khusus” Rusia di Ukraina. Salah satu informasi yang diminta dilenyapkan adalah soal pembantaian warga sipil di Bucha. Moskow diketahui telah membantah bertanggung jawab dalam kejadian di Bucha.

Pekan lalu, Pengadilan Moskow juga menjatuhkan denda sebesar 800 ribu rubel kepada Wikimedia Foundation. Hal itu karena mereka tak menghapus materi terkait lagu band rock Rusia bernama Psychea. Band tersebut dianggap ekstremis oleh otoritas Rusia.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement