Selasa 18 Apr 2023 17:55 WIB

Apple Buka Toko Fisik Pertama di India, Antrean Mengular

Toko ritel Apple pertama di India ini diresmikan langsung oleh CEO Apple Tim Cook.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Toko Apple
Foto: EPA
Toko Apple

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Apple membuka toko pertama di Mumbai, India pada Selasa (18/4/2023). Sekitar 300 orang mengantre di depan toko dan berswafoto dengan Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook, yang meresmikan toko ritel pertama di India.

Ratusan orang dari seluruh penjuru negeri rela mengantre dan berharap menjadi yang pertama memasuki toko. Bahkan beberapa pecinta Apple mengantre di luar toko dari malam sebelumnya untuk mendapatkan produk Apple, kendati produk tersebut tersedia secara online di India.  

Baca Juga

"Fanboy di dalam diri saya memberontak," kata Purav Mehta (30 tahun) kepada Reuters.

Mehta ikut mengantre untuk mendapatkan tanda tangan Cook di kotak iPod Touch yang telah dia beli di eBay. Mehta juga mengantre untuk membeli Apple Watch Ultra.

Banyak orang yang mengantre dengan mengenakan T-shirt seperti gaya salah satu pendiri Apple, Steve Jobs. Ada juga yang memotong rambut mereka dalam bentuk logo Apple. Bahkan seorang penggemar membawa versi komputer Apple pertama yang diluncurkan pada 1984. 

"Suasana di sini berbeda," kata Aan Shah (23 tahun), yang melakukan perjalanan dari kota industri barat Ahmedabad untuk peluncuran di ibu kota komersial India.

"Ini tidak seperti membeli dari toko biasa. Tidak ada bandingannya. Sangat menyenangkan," kata Shah menambahkan.

Kecintaan Shah pada Apple membawanya ke sebuah pembukaan toko ketika menjadi mahasiswa muda di New York dan Boston. Ketika itu dia mendapat kesempatan untuk bertemu Cook.

Apple sebelumnya menghadapi rintangan dalam membuka toko ritel fisik di India. Produk Apple telah tersedia di situs e-commerce India. Sementara toko online dibuka pada 2020.

Toko fisik baru dibuka karena konsumen India semakin ingin meningkatkan smartphone mereka ke model yang lebih mewah, dengan rangkaian fitur yang lebih kaya, dari perangkat anggaran yang biasanya berharga kurang dari 120 dolar AS.  Namun, ponsel Apple yang mahal hanya terjangkau oleh beberapa orang di India, yang hanya menyumbang pangsa pasar sebesar 3 persen

Toko fisik pertama Apple yang terletak di mal Jio World Drive milik Reliance, dibuka untuk blogger dan analis teknologi di acara pribadi pada Senin (17/4/2023). Sementara banyak selebriti India terlihat bertemu dengan Cook malam itu.

Sementara toko fisik kedua Apple akan dibuka di Delhi pada Kamis (20/4/2203). Cook dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi dan wakil menteri IT akhir pekan ini. Apple berencana untuk merakit iPad dan AirPods di India. 

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement