Rabu 19 Apr 2023 08:00 WIB

Menlu Cina Kontak Palestina-Israel, Siap Fasilitasi Pembicaraan Damai

Cina siap memberikan fasilitas untuk pembicaraan damai

 Menteri Luar Negeri China Qin Gang mengatakan Cina siap memberikan fasilitas untuk pembicaraan damai antara Israel dan Palestina
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Menteri Luar Negeri China Qin Gang mengatakan Cina siap memberikan fasilitas untuk pembicaraan damai antara Israel dan Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Anggota Dewan Negara merangkap Menteri Luar Negeri Cina Qin Gang mengontak via telepon Menlu Palestina Riad Malki dan Menlu Israel Eli Cohen, Senin (17/4/2023).

"Cina siap memberikan fasilitas untuk pembicaraan damai," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina (MFA) Wang Wenbin di Beijing, Selasa (18/4/2023).

Menurut dia, fokus pembicaraan via telepon tersebut terkait situasi terkini Palestina-Israel.

"Cina sangat prihatin situasi terkini antara Palestina dan Israel. Yang paling mendesak adalah mengelola situasi untuk mencegah meningkatnya konflik atau bahkan lepas kendali," katanya dalam pengarahan pers rutin.

Cina mendesak para pihak berkepala dingin dan menahan diri serta berhenti melakukan tindakan agresif dan provokatif.

"Yang paling penting adalah melanjutkan pembicaraan damai dengan menerapkan solusi dua negara. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perbuatan yang benar," ucap Wang.

Sebelumnya Cina telah berhasil memfasilitasi pembicaraan damai antara Arab Saudi dan Iran serta Arab Saudi dan Suriah. Wang menegaskan bahwa Cina tidak memiliki kepentingan apa pun terkait situasi di Palestina.

"Kami berharap kedua belah pihak dapat hidup berdampingan secara damai agar perdamaian dan stabilitas kawasan tetap terjaga," ujarnya.

Menurut Wang, percakapan telepon antar-menlu tersebut menghasilkan hal yang positif.

"Baik Palestina maupun Israel menyampaikan penghargaan terhadap Cina. Mereka juga berterima kasih kepada Cina atas kesediaan mendukung penyelesaian konflik Israel-Palestina dan berharap Cina berperan positif," katanya menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement