Kamis 20 Apr 2023 19:16 WIB

Muslim Brasil akan Merayakan Idul Fitri 2023 pada Jumat 21 April 2023

Masjid di Brasil mulai melakukan persiapan untuk menerima jamaah shalat Idul Fitri.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Muslim Brasil shalat berjamaah di Mesquita da Luz, masjid pertama di Rio de Janeiro. Di Brasil, Idul Fitri 2023 diperkirakan jatuh pada hari Jumat, 21 April, menurut perhitungan astronomi.
Foto: AP
Muslim Brasil shalat berjamaah di Mesquita da Luz, masjid pertama di Rio de Janeiro. Di Brasil, Idul Fitri 2023 diperkirakan jatuh pada hari Jumat, 21 April, menurut perhitungan astronomi.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Menjelang akhir bulan suci Ramadhan, para astronom di seluruh dunia mengeluarkan prakiraan tentang tanggal Idul Fitri. Di Brasil, Idul Fitri 2023 diperkirakan jatuh pada hari Jumat, 21 April, menurut perhitungan astronomi.

Menurut outlet eksklusif Nabaa, Idul Fitri akan dirayakan pada Jumat, 21 April 2023, dengan Ramadhan tahun ini berlangsung selama 29 hari. Awal 1 Syawal atau Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan, saat umat Muslim berpuasa selama 29 atau 30 hari, bergantung pada penampakan bulan sabit.

Baca Juga

Sumber yang sama menyoroti shalat Idul Fitri akan dilaksanakan di Brasil pada pukul 6:54 pagi waktu Doha di kota-kota Rio de Janeiro, Sao Paulo, Brasilia, Fortaleza, dan Curitiba.

Selain itu, masjid-masjid di Brasil mulai melakukan persiapan untuk menerima jamaah Muslim. Dilaporkan terdapat lebih dari 200 ribu Muslim yang tinggal di Brasil, yang berarti sejumlah besar dari mereka akan merayakan Idul Fitri di negara ini.

Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan, di mana umat Muslim berpuasa selama 29 atau 30 hari, tergantung pada penampakan bulan sabit. Dengan hanya 29 hari berpuasa, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Qatar diperkirakan merayakan Idul Fitri pada hari Jumat, 21 April.

Sementara itu, Ramadhan diperkirakan berlangsung selama 30 hari di Maroko dengan Idul Fitri yang jatuh pada hari Sabtu, 22 April. Idul Fitri adalah perayaan khusus yang menandai selesainya Ramadhan dan dimulainya Syawal, bulan kesepuluh dalam kalender Islam.

Perayaan Idul Fitri meliputi sarapan besar dengan makanan khas budaya tradisional pada pagi hari untuk menandai berakhirnya puasa Ramadan, serta saling mengunjungi keluarga dan berpartisipasi dalam berbagai ritual dan tradisi sosial dan keagamaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement