Jumat 21 Apr 2023 09:47 WIB

Arab Saudi Bersiap Rayakan Idul Fitri

Kota-kota di seluruh Kerajaan Arab Saudi bersiap-siap untuk perayaan Idul Fitri.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Foto selebaran yang disediakan oleh Pengadilan Kerajaan Saudi menunjukkan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud sedang mengambil bagian dalam sholat Idul Fitri di Neom, Arab Saudi, 13 Mei 2021.
Foto: EPA/SAUDI ROYAL COURT
Foto selebaran yang disediakan oleh Pengadilan Kerajaan Saudi menunjukkan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud sedang mengambil bagian dalam sholat Idul Fitri di Neom, Arab Saudi, 13 Mei 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Bulan sabit telah terlihat di Arab Saudi, yang berarti bahwa Kamis (20/4/2023) adalah hari terakhir bulan suci Ramadhan. Dengan demikian perayaan Idul Fitri di Arab Saudi akan dimulai pada Jumat, 21 April 2023, demikian diumumkan Komite Penampakan Bulan Sabit Kerajaan Arab Saudi.

Sholat Idul Fitri akan diadakan di seluruh Kerajaan tepat setelah matahari terbit pada hari Jumat (21/4/2023) di tengah pengaturan yang rumit untuk acara tersebut. Sebelumnya, Mahkamah Agung Arab Saudi pada hari Rabu menyerukan kepada umat Islam di seluruh Arab Saudi untuk melihat bulan sabit 1 Syawal pada Kamis malam, 29 Ramadan 1444 Hijriah, bertepatan dengan 20 April 2023.

Dalam sebuah pengumuman, Mahkamah Agung Saudi meminta siapa pun yang melihat hilal atau bulan sabit dengan mata telanjang atau melihat hilal melalui teropong, untuk untuk melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksian mereka.

Pengadilan juga menyatakan harapan bahwa mereka yang mampu melihat bulan sabit akan bergabung dengan komite yang dibentuk untuk tujuan itu di berbagai daerah dan berpartisipasi dalam upaya yang bermanfaat bagi umat Islam.

Sementara itu, kota-kota di seluruh Kerajaan bersiap-siap untuk perayaan Idul Fitri. Pemerintah Kota Jeddah menyelesaikan persiapan untuk menyambut para wisatawan di tempat-tempat terbaik di kota ini, termasuk taman, alun-alun, tepi laut, pantai, dan jalur pendakian, selama Idul Fitri.

Walikota Jeddah Saleh bin Ali Al-Turki meminta semua daerah terkait dan kota yang berafiliasi untuk mengintensifkan upaya lapangan untuk melayani para pejalan kaki dan pengunjung ke gubernuran sehingga mereka dapat menikmati waktu mereka di taman, tempat umum, dan di sepanjang Corniche. Dia menekankan pentingnya meningkatkan tingkat kontrol atas perusahaan komersial dan makanan.

Wilayah Kotamadya Jeddah dan sub-kotamadya meningkatkan tingkat koordinasi dan kesiapan dalam persiapan untuk Idul Fitri. Mereka akan terus mengintensifkan pekerjaan pembersihan umum di daerah-daerah ini dan rencana lainnya, sesuai dengan strategi operasional yang telah disetujui.

Mereka juga akan menyelesaikan rencana kontrol musiman untuk menindaklanjuti perusahaan makanan, kesehatan, dan komersial, dan memproses laporan.

Mereka juga akan menyelesaikan rencana kontrol musiman untuk menindaklanjuti perusahaan makanan, kesehatan, dan komersial, dan memproses laporan yang masuk sepanjang waktu.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement