Selasa 25 Apr 2023 13:16 WIB

Crabcakes, Ribs, dan Banana Splits Jadi Menu Makan Malam Kenegaraan Presiden AS dan Korsel

Sekitar 200 tamu diperkirakan hadir dalam jamuan makan malam tersebut.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
File foto Presiden AS Joe Biden, kanan, menghadiri jamuan makan malam kenegaraan yang diselenggarakan oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, kedua kanan, di Museum Nasional Korea, Sabtu, 21 Mei 2022, di Seoul.
Foto: AP Photo/Evan Vucci
File foto Presiden AS Joe Biden, kanan, menghadiri jamuan makan malam kenegaraan yang diselenggarakan oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, kedua kanan, di Museum Nasional Korea, Sabtu, 21 Mei 2022, di Seoul.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gedung Putih mempersiapkan makan malam kenegaraan untuk merayakan tujuh dekade hubungan Korea Selatan dengan Amerika Serikat. Berbagai hidangan mulai dari crabcakes, beef short ribs, dan banana split menjadi menu yang akan dihidangkan dalam makan malam antara Presiden Joe Biden dan Presiden Yoon Suk-yeol.

Ibu negara Jill Biden dan timnya melakukan pratinjau menu dan dekorasi pada Senin (24/4/2023). Jill mengatakan,  ibunya mengajarinya bahwa mengatur meja makan bisa menjadi tindakan cinta. Jill belajar dari suaminya bahwa, politik bersifat pribadi.

Baca Juga

“Kami berharap untuk menyatukan kedua gagasan itu saat kami menyambut Presiden dan Nyonya Kim, untuk menghormati 70 tahun aliansi kami dengan simbol dan momen keindahan yang mencerminkan kedua negara kami,” kata ibu negara berbicara tentang Presiden Yoon dan ibu negara Korea Selatan, Kim Keon-hee.

Sekitar 200 tamu diperkirakan hadir dalam jamuan makan malam yang akan digelar pada Rabu (26/4/2023) di East Room, yang merupakan ruang terbesar di rumah eksekutif. Setelah makan malam, para tamu akan menyusuri lorong ke State Dining Room untuk menikmati hiburan oleh trio bintang Broadway yaitu Norm Lewis, Lea Salonga, dan Jessica Vosk.

Jill Biden mempercayakan hidangan kenegaraan pada Rabu kepada seorang celebrity chef keturunan Korea-Amerika Edward Lee untuk.  Keistimewaan Lee adakah dia bisa memadukan masakan Amerika dengan cita rasa Korea.

“Chef Lee menciptakan makanan yang akrab dan mengejutkan. Perpaduan dunia berbeda yang menemukan keseimbangan sempurna," ujar Jill.

Lee mempersiapkan makanan pembuka berupa crabcake yang didampingi dengan coleslaw. Lee membuat coleslaw menggunakan campuran kubis, kohlrabi, adas, dan mentimun dengan topping vinaigrette yang dibuat menggunakan gochujang, pasta cabai merah, dan semangkuk kecil sup labu kuning.  

Sementara hidangan utama, Lee memasak iga daging sapi rebus dengan wortel berlapis sorgum, yang disajikan di atas sesendok bubur jagung yang terbuat dari kacang mentega, dan bukan jagung kering. Untuk makanan penutup, Lee membuat versi dekonstruksi dari banana split, yang merupakan hidangan klasik Amerika. Dekonstruksi banana split inu menampilkan es krim, pisang karamel, buah beri segar, dan remah kue mint ginger snap yang ditaburi saus karamel dengan doenjang, atau pasta kedelai yang difermentasi.

“Kami benar-benar ingin melakukan musim semi, sesuatu yang baru” kata Lee, yang lahir di Brooklyn, New York, dan tinggal di Louisville, Kentucky.

“Saya ingin mengambil beberapa makanan Amerika favorit saya dan mengotak-atiknya sedikit, dan ini juga cara saya memasak di restoran saya.  Tambahkan saja sedikit sentuhan Korea ke dalamnya. Ini bukan makanan tradisional Korea tapi hanya memberi sedikit rasa Korea," ujar Lee.

Ketika ditanya hidangan mana yang menjadi favoritnya, Jill Biden mengatakan, dia menyukai crabcake karena sangat Amerika. Dia memprediksi Presiden Biden akan menyukai makanan penutup karena dia sangat suka es krim.

“Yang pertama. Ini sangat Amerika, crabcake. Tapi saya menyukai semuanya. Favorit Joe adalah hidangan yang terakhir," kata Jill.

Para tamu akan duduk di meja bundar yang dilapisi kain sutra biru muda atau meja lonjong dengan atasan plexiglass teal. Hiasan vas setinggi 6 kaki (1,8 meter) yang menjulang tinggi akan diisi dengan bunga sakura yang bermekaran, bersama dengan rangkaian anggrek merah muda dan peony yang lebih kecil.  Sementara tanaman asli Korea, Azalea akan menghiasi meja pada resepsi koktail sebelum makan malam.

Makan malam kenegaraan pada Rabu akan menjadi yang kedua bagi pemerintahan Biden.  Makan malam kenegaraan pertama Biden diadakan Desember lalu, untuk menghormati persahabatan Amerika dengan Prancis.

Gedung Putih mengerjakan detail dekorasi makan malam dengan Jung Lee, pendiri Korea-Amerika. Jung Lee merupakan direktur kreatif Fete, sebuah firma desain yang berbasis di New York.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement