Rabu 26 Apr 2023 15:05 WIB

Enam Menlu Rancang KTT Cina-Asia Tengah

Para menlu akan membicarakan kerja sama Cina-Asia Tengah

Sebanyak enam menteri luar negeri akan menggelar pertemuan di Kota Xi'an, Provinsi Shaanxi, China, pada 27 April, untuk merancang Konferensi Tingkat Tinggi Cina-Asia Tengah.
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Sebanyak enam menteri luar negeri akan menggelar pertemuan di Kota Xi'an, Provinsi Shaanxi, China, pada 27 April, untuk merancang Konferensi Tingkat Tinggi Cina-Asia Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Sebanyak enam menteri luar negeri akan menggelar pertemuan di Kota Xi'an, Provinsi Shaanxi, China, pada 27 April, untuk merancang Konferensi Tingkat Tinggi Cina-Asia Tengah. Pertemuan di wilayah barat Cina tersebut bakal dipimpin oleh anggota Dewan Negara merangkap Menlu Cina Qin Gang.

Wakil Perdana Menteri merangkap Menlu Kazakhstan Murat Nurtleu, Menlu Kirgizstan Kulubaev Zheenbek Moldokanovich, Menlu Tajikistan Sirojiddin Muhriddin, Wakil PM merangkap Menlu Turkmenistan Vepa Hajiyev, dan Menlu Uzbekistan Bakhtiyor Saidov akan terbang menuju Xi'an untuk menghadiri pertemuan tersebut, demikian juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina (MFA) Mao Ning di Beijing, Selasa (25/4/2023).

Menurut dia, keenam menlu tersebut pada pertemuan tahun 2022 telah bersepakat menetapkan mekanisme KTT Cina-Asia Tengah.

"Mereka sepakat diselenggarakannya KTT perdana oleh Cina," ujarnya.

Pertemuan para menlu di Xi'an, jelas Mao, memiliki agenda utama untuk merancang persiapan penyelenggaraan KTT perdana tersebut.

"Selain persiapan KTT, para menlu akan membicarakan kerja sama Cina-Asia Tengah di berbagai bidang serta membahas isu-isu internasional dan regional sesuai kepentingan bersama," kata Mao, menambahkan.

Pada tahun 2020, total investasi Cina di Asia Tengah telah mencapai 40 miliar dolar AS (sekitar Rp597,8 triliun). Dari jumlah tersebut, sebanyak 21,4 miliar dolar AS (sekitar Rp319,82 triliun) diinvestasikan di Kazakhstan.

Pada tahun 2021, sebanyak 7.700 perusahaan Cina beroperasi di kawasan Asia Tengah.

Saat bertemu dengan para pemimpin negara-negara Asia Tengah pada Januari 2022, Presiden Cina Xi Jinping berencana menambah nilai perdagangan Cina dengan negara-negara tersebut hingga mencapai 70 miliar dolar AS (sekitar Rp1.046,12 triliun) per tahun.

KTT Cina-Asia Tengah diperkirakan bakal digelar pada Mei 2023 dengan agenda pembahasan utama adalah pembangunan infrastruktur dan kerja sama perdagangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement