Kamis 27 Apr 2023 09:15 WIB

Kamus Brasil Tambahkan Kata Pele Sebagai Sinonim Terbaik

Legenda sepak bola Brasil Pele meninggal pada Desember 2022 di usia 82 tahun.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Legenda sepak bola Brasil Pele.
Foto: EPA-EFE/WALTER BIERI
Legenda sepak bola Brasil Pele.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Sebuah kamus Brasil Michaelis telah menambahkan 'Pele' sebagai kata sifat terbaru pada Rabu (26/4/2023). Kata tersebut dapat digunakan saat mendeskripsikan seseorang yang 'luar biasa, tak tertandingi, unik'.

Pengumuman ini adalah bagian dari kampanye yang mengumpulkan lebih dari 125 ribu tanda tangan untuk menghormati pengaruh mendiang sepak bola Pele di luar bidang yang digelutinya. Juara Piala Dunia tiga kali itu meninggal pada Desember di usia 82 tahun setelah berjuang melawan kanker usus besar.

Dalam entri kamus berbunyi: “Orang yang luar biasa, atau yang karena kualitas, nilai, atau keunggulannya tidak dapat ditandingi oleh apa pun atau siapa pun, seperti Pele; julukan Edson Arantes do Nascimento (1940-2022), dianggap sebagai atlet terbaik sepanjang masa; luar biasa, tak tertandingi, unik. Contoh: Dia adalah Pele dari bola basket, dia adalah Pele dari tenis, dia adalah Pele dari teater Brazil, dia adalah Pele dari kedokteran.”

Yayasan Pele Santos FC  dan banyak orang Brasil merayakan keputusan dari penerbit salah satu kamus paling populer di negara itu. “Ungkapan yang sudah digunakan untuk merujuk pada yang terbaik dalam sesuatu sudah abadi di halaman kamus,” kata saluran media sosial Pele setelah pengumuman.

“Kami membuat sejarah bersama dan memasukkan nama Raja Sepak Bola ke dalam bahasa Portugis. Pele artinya 'TERBAIK'," ujar keterangan itu.

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement