Jumat 28 Apr 2023 14:48 WIB

Kapal Diserang di Lepas Pantai Yaman

Tembakan telah dilepaskan ke kapal tak dikenal di Teluk Aden, Yaman.

Rep: Dwina Agustin / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi kapal patroli. Sebuah kapal diserang lepas pantai Yaman dalam keadaan yang tidak jelas pada Jumat (28/4/2023).
Foto: AP Photo/Aaron Favila
Ilustrasi kapal patroli. Sebuah kapal diserang lepas pantai Yaman dalam keadaan yang tidak jelas pada Jumat (28/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Sebuah kapal diserang lepas pantai Yaman dalam keadaan yang tidak jelas pada Jumat (28/4/2023). Operasi Perdagangan Maritim Kerajaan Inggris menyatakan, tembakan telah ditembakkan ke kapal tak dikenal di Teluk Aden, dengan tiga kapal mengejarnya.

Pasukan yang memberikan dukungan untuk kapal-kapal melintasi Timur Tengah ini mengatakan, serangan itu terjadi di Nishtun, Yaman, di timur jauh negara itu dekat perbatasan dengan Oman. Tidak ada informasi tambahan yang segera tersedia.

Baca Juga

Teluk Aden adalah rute penting untuk perdagangan global dan telah menyaksikan serangan yang dikaitkan dengan pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman saat perang saudara berkecamuk. Ada pula serangan bajak laut Somalia yang pernah melanda wilayah tersebut sebagian besar telah berhenti dalam beberapa tahun terakhir.

Nishtun dipegang oleh pasukan yang bersekutu dengan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan didukung oleh koalisi pimpinan Arab Saudi. Namun, serangan telah terjadi di sana sebelumnya.

Pada Desember 2020, sebuah serangan misterius menargetkan sebuah kapal kargo di lepas pantai Nishtun. Dalam perang Yaman, kapal drone pembawa bom, serta ranjau laut, telah digunakan.

Serangan itu terjadi setelah Iran secara terpisah menyita sebuah kapal tanker minyak membawa minyak mentah untuk Chevron Corp sehari sebelumnya. Pasokan ini dalam perjalanan ke Houston Amerika Serikat. 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement