Senin 08 May 2023 08:02 WIB

Ibu Negara AS Terpukau dengan Upacara Penobatan Raja Charles III

Kehadiran Jill Biden menandai pertama Ibu Negara AS hadir penobatan Raja Inggris

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Ibu Negara Jill Biden melambai saat dia dan Presiden Joe Biden berjalan menuju Air Force One. Jill Biden, terpukau dengan acara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, Inggris pada Sabtu (6/5/2023). Dia mengatakan ada keindahan dalam arak-arakan upacara dan sangat menakjubkan.
Foto: AP/Manuel Balce Ceneta
Ibu Negara Jill Biden melambai saat dia dan Presiden Joe Biden berjalan menuju Air Force One. Jill Biden, terpukau dengan acara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, Inggris pada Sabtu (6/5/2023). Dia mengatakan ada keindahan dalam arak-arakan upacara dan sangat menakjubkan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ibu negara Amerika Serikat (AS), Jill Biden, terpukau dengan acara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, Inggris, pada Sabtu (6/5/2023). Dia mengatakan, ada keindahan dalam arak-arakan upacara dan sangat menakjubkan.

"Anda tidak dapat membayangkan saat itu di mana Anda benar-benar melihat mahkota diletakkan di atas kepala raja dan kemudian di atas kepala ratu. Sungguh nyata untuk melihat dan mengalami momen itu," kata Jill Biden dalam wawancara melalui telepon dengan The Associated Press setelah upacara penobatan Raja Charles III di London.  

Presiden Amerika Serikat tidak pernah menghadiri penobatan raja Inggris. Presiden Joe Biden meminta ibu negara untuk mewakili AS menggantikannya. 

Gedung Putih mengatakan kemunculan Jill Biden menandai pertama kalinya seorang ibu negara AS hadir untuk penobatan raja Inggris. Jill Biden ditemani oleh salah satu cucunya, Finnegan Biden ketika menghadiri upacara penobatan Raja Charles III.

 “Merupakan kehormatan bagi saya untuk mewakili rakyat Amerika Serikat dan saya ingin berada di sini. Sangat berarti bagi saya bahwa saya dapat membawa Finnegan ke sini, bahwa kami dapat bepergian bersama dan mengalami ini bersama dan itu sangat berarti bagi kami berdua," ujar Jill Biden.

Jill Biden dan Finnegan menghadiri jamuan minum teh pada sore hari atau afternoon tea setelah upacara penobatan Raja Charles IIII di Westminster Abbey, London. Jill Biden mengatakan, jamuan minum teh ini sangat kental dengan tradisi Inggris.

"Kami pikir itu (jamuan minum teh) adalah sesuatu yang sangat Inggris. Itu adalah sesuatu yang benar-benar ingin kami lakukan bersama," ujar Jill Biden.

Jill Biden mengatakan, ketika menyaksika upacara penobatan raja Inggris dia berpikit tentang pentingnya melestarikan tradisi. “Saya merasa ketika saya duduk di sana, saya merasakan kesopanan dan kesopanan yang menyatukan orang-orang dari semua bangsa,” katanya.

Saat penobatan, Jill Biden duduk di samping ibu negara Ukraina Olena Zelenska.  Jill Biden mengatakan mereka berbicara tentang invasi Rusia ke Ukraina. Dalam kesempatan tersebut, Zelenska berterima kasih atas dukungan dari Amerika Serikat.

Jill Biden menghadiri resepsi di Istana Buckingham pada Jumat (5/5/2023) yang diselenggarakan oleh Charles. Jill Biden mengatakan, Charles menceritakan kepadanya mengenai percakapan telepon terakhirnya dengan Presiden Biden. Charles meminta Jill Biden untuk memberikan yang terbaik bagi suaminya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement