Selasa 09 May 2023 20:13 WIB

Jokowi Ucapkan Selamat Atas Partisipasi Perdana Timor Leste di KTT ASEAN

Peta jalan untuk Timor Leste agar menjadi anggota penuh akan disepakati.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
 Presiden  Joko Widodo (kanan) mendengarkan Perdana Menteri Timor Leste Jose Maria Vasconcelos, yang dikenal sebagai Taur Matan Ruak (kiri) saat pertemuan bilateral mereka menjelang KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023). Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 dan pertemuan terkait pada 09-11 Mei.
Foto: EPA-EFE/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kanan) mendengarkan Perdana Menteri Timor Leste Jose Maria Vasconcelos, yang dikenal sebagai Taur Matan Ruak (kiri) saat pertemuan bilateral mereka menjelang KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023). Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 dan pertemuan terkait pada 09-11 Mei.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di sela-sela KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5/2023). Pada kesempatan itu Jokowi menyampaikan selamat atas partisipasi perdana Timor Leste dalam KTT ASEAN.

“Bapak Presiden menyampaikan tentunya ucapan selamat datang karena untuk pertama kalinya Timor Leste berpartisipasi dalam KTT ASEAN,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers.

Baca Juga

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi turut menyampaikan bahwa selama keketuaan Indonesia di ASEAN, peta jalan untuk Timor Leste agar menjadi anggota penuh akan disepakati. “Diharapkan agar Timor Leste dapat segera memenuhi kriteria-kriteria yang ada di roadmap yang besok akan diadopsi, sehingga akan dapat menjadi anggota penuh ASEAN,” ucap Retno.

Menurut Retno, Timor Leste mengucapkan terima kasih atas dukungan Indonesia terhadap keanggotaannya di ASEAN. Jokowi dan Taur Matan Ruak juga membahas tentang hubungan bilateral Indonesia-Timor Leste.

“Bapak Presiden menekankan pentingnya kerja sama ekonomi, termasuk di antaranya di wilayah perbatasan kedua negara. Ini sudah dibahas pada kunjungan Perdana Menteri Timor Leste ke Jakarta beberapa saat yang lalu,” kata Retno.

Jokowi dan Taur Matan Ruak pun sepakat membentuk kelompok kerja bersama yang akan mempersiapkan pengembangan kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara. Mengingat investasi kedua negara juga berkembang, Indonesia mengusulkan agar Bilateral Investment Treaty (BIT) dengan Timor Leste dapat segera dibentuk atau mulai dibahas.

Jokowi dan Taur Matan Ruak turut membahas isu perbatasan Indonesia-Timor Leste. “Bapak Presiden juga mengingatkan mengenai masalah pentingnya segera menyelesaikan perundingan batas darat,” ungkap Retno Marsudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement