Rabu 10 May 2023 18:18 WIB

Saudi akan Aktifkan Kembali Misi Diplomatiknya di Suriah

Arab Saudi bakal mengutus lagi para diplomatnya ke Suriah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
 Foto selebaran yang disediakan oleh kantor berita Suriah SANA menunjukkan Presiden Bashar al-Assad (kanan) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan (kiri), di Damaskus, Suriah, Selasa (18/4/2023). Menurut SANA, kedua pemimpin bertemu untuk membahas hubungan bilateral hubungan dan masalah politik internasional dan regional lainnya.
Foto: EPA-EFE/SANA
Foto selebaran yang disediakan oleh kantor berita Suriah SANA menunjukkan Presiden Bashar al-Assad (kanan) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan (kiri), di Damaskus, Suriah, Selasa (18/4/2023). Menurut SANA, kedua pemimpin bertemu untuk membahas hubungan bilateral hubungan dan masalah politik internasional dan regional lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Arab Saudi akan mengaktifkan kembali misi diplomatiknya di Suriah. Saudi bakal mengutus lagi para diplomatnya ke negara yang telah dibekap konflik sipil selama 12 tahun tersebut.

“Arab Saudi telah memutuskan untuk melanjutkan pekerjaan misi diplomatiknya di Suriah,” kata Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Arab Saudi dalam sebuah pernyataan, Selasa (9/5/2023), dilaporkan Saudi Press Agency.

Baca Juga

Saudi mengungkapkan, pengaktifan kembali misi diplomatiknya di Suriah didasarkan pada ikatan persaudaraan antara rakyat kedua negara. Selain itu, langkah tersebut bertujuan meningkatkan kesentosaan dan keamanan regional. Riyadh menekankan, mereka bakal berusaha mengembangkan aksi bersama Arab.

Negara anggota Liga Arab telah sepakat untuk merangkul kembali Suriah sebagai anggota setelah melakukan pemungutan suara di Kairo, Mesir, pada Ahad (7/5/2023) lalu. Keanggotaan Damaskus di organisasi tersebut diketahui telah ditangguhkan sejak Suriah menghadapi konflik sipil pada 2011.

Kendati telah diterima kembali sebagai anggota, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Liga Arab Ahmed Aboul Gheit menjelaskan, hal itu tak berarti semua negara anggota Liga Arab bersedia menormalisasi hubungan dengan Suriah. "Pemulihan kembali (keanggotaan) Suriah tidak berarti normalisasi hubungan antara negara-negara Arab dan Suriah," ucapnya kepada awak media di Kairo, Ahad lalu.

Dia mengatakan, Liga Arab tidak bisa mencampuri urusan normalisasi hubungan dengan Damaskus. “Ini adalah keputusan berdaulat yang harus dibuat oleh masing-masing negara,” ujar Aboul Gheit.

Qatar telah menyatakan tidak akan mengubah posisinya dalam menormalisasi hubungan dengan Suriah, meskipun Damaskus sudah dirangkul lagi sebagai anggota Liga Arab. “Qatar selalu berusaha mendukung apa pun yang mencapai konsensus Arab dan tidak akan menjadi penghalang untuk itu. Namun, sikap resmi Qatar tentang normalisasi dengan rezim Suriah adalah keputusan yang terutama terkait dengan kemajuan dalam mencapai resolusi politik yang mewujudkan aspirasi saudara-saudara Suriah,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Qatar Majed al-Ansari, Ahad lalu, dikutip laman Al Arabiya.

Dia menambahkan, Qatar berharap keputusan Liga Arab akan memotivasi rezim Suriah untuk mengatasi akar krisis yang menyebabkan penangguhannya. Al-Ansari pun berharap Damaskus meningkatkan hubungannya dengan negara-negara Arab dengan cara yang meningkatkan keamanan dan stabilitas kawasan.

Qatar telah menjadi pengkritik vokal rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad sejak perang sipil di Suriah pecah pada 2011. Sejak awal konflik Suriah, Doha telah memberikan dukungan kepada kelompok oposisi bersenjata yang berusaha menggulingkan pemerintahan Assad. Qatar menyalurkan bantuan keuangan dan militer ke berbagai kelompok oposisi di Suriah.

Dalam keputusan Ahad pekan lalu disebutkan bahwa Yordania, Arab Saudi, Irak, Lebanon, Mesir, dan Sekjen Liga Arab akan membentuk kelompok menteri. Mereka bakal menjalin kontak dengan Pemerintah Suriah dan mencari solusi atas krisis Suriah lewat langkah-langkah timbal balik. Langkah-langkah praktis termasuk upaya berkelanjutan untuk memfasilitasi pengiriman bantuan di Suriah.

Ketika konflik di Suriah pecah pada 2011, Liga Arab memutuskan mendepak Damaskus sebagai anggota. Liga Arab mengecam Assad karena gagal bernegosiasi dengan pihak oposisi dan menggunakan kekuatan militer berlebihan untuk membungkam mereka. Sejak saat itu, Suriah dikucilkan oleh dunia Arab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement