Kamis 11 May 2023 09:42 WIB

Presiden Jokowi Terlibat Pembuatan Konsep Menu Sajian Bagi Pemimpin ASEAN

Chef Arnold Poernomo, salah satu koki yang dipercaya meramu menu hidangan KTT ASEAN.

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah kepala negara peserta KTT ke-42 ASEAN menaiki kapal pinisi di Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5/2023).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah kepala negara peserta KTT ke-42 ASEAN menaiki kapal pinisi di Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Presiden RI Joko Widodo turut terlibat dalam pembuatan konsep menu-menu sajian bagi para pemimpin ASEAN dan delegasinya yang menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, 9-11 Mei 2023.

Hal itu diungkapkan Chef Arnold Poernomo, salah satu koki yang dipercaya meramu dan menyajikan berbagai menu hidangan selama KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo. "Ini adalah salah satu yang saya sangat salut dengan Bapak (Presiden) itu benar-benar mengkonsepkan tiap lunch atau dinner itu tujuannya apa," kata Arnold sebagaimana siaran Biro Pers Sekretariat Presiden RI, Kamis.

Baca Juga

Arnold menambahkan bahwa Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo memang terbiasa berkeinginan untuk menjamu para tamu dengan sangat spesial, tanpa mengindahkan jabatan atau apapun.

"Setiap tamu selalu di-treat very very special. Untuk bahan-bahan sendiri kita sudah pilih yang terbaik dari Indonesia untuk kita masak, sajikan, hidangkan," ujarnya.

Chef Max Millian, yang juga menjadi salah satu koki menu sajian KTT Ke-42 ASEAN, mengklaim bahwa setiap piring yang disajikan bagi para pemimpin ASEAN menghadirkan cita rasa dari beragam pulau yang ada di Indonesia.

"Jadi ada flavor (cita rasa) dari Sulawesi, Lombok juga ada, terus Bali juga ada. Jadi pada dasarnya mewakili beberapa provinsi di Indonesia," katanya.

Arnold menambahkan bahwa timnya memang mengusung konsep "The Taste of Archipelago" atau cita rasa kepulauan. "Indonesia itu sangat luas dan juga banyak sekali pulau, jadi kita menyesuaikan dengan konsepnya selama KTT Ke-42 ASEAN ini berjalan," ujarnya.

Arnold juga mengaku mendapat tantangan untuk menyajikan boga baharidengan baik sebagai hidangan pada jamuan makan malam pemimpin ASEAN yang digelar Rabu (10/5/2023) malam tadi.

Jamuan makan malam pemimpin ASEAN dalam KTT Ke-42 ASEAN dilangsungkan di Ayana Komodo Waecicu Beach, Labuan Bajo, diawali dengan sajian tari-tarian dari kelompok tari E-Project dan Ekosdance Company arahan koregrafer Eko Supriyanto serta musik pengiring gubahan Ronald Steven.

Lantas selepas penampilan grup vokal GAC membawakan lagu "Puspa Warni" ciptaan Guruh Soekarnoputra, Presiden Jokowi menyampaikan sabutan sembari mengucapkan harapan para pemimpin ASEAN menikmati sajian menu yang dihidangkan dan hiburan yang ditampilkan.

"Semoga keindahan alam dan keramahan warga lokal di sini dapat mendorong kita untuk mendukung ASEAN sebagai kawasan yang damai dan stabil, serta pusat pertumbuhan," kata Jokowi.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement