Jumat 12 May 2023 05:15 WIB

ASEAN Adopsi Peta Jalan untuk Keanggotaan Penuh Timor Leste

ASEAN siap membantu Timor Leste mempersiapkan kebutuhannya untuk jadi anggota

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
 Presiden  Joko Widodo (kanan) mendengarkan Perdana Menteri Timor Leste Jose Maria Vasconcelos, yang dikenal sebagai Taur Matan Ruak (kiri) saat pertemuan bilateral mereka menjelang KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023). Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 dan pertemuan terkait pada 09-11 Mei.
Foto: EPA-EFE/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kanan) mendengarkan Perdana Menteri Timor Leste Jose Maria Vasconcelos, yang dikenal sebagai Taur Matan Ruak (kiri) saat pertemuan bilateral mereka menjelang KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023). Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 dan pertemuan terkait pada 09-11 Mei.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO – ASEAN telah mengadopsi peta jalan (roadmap) untuk keanggotaan penuh Timor Leste di organisasi tersebut. ASEAN pun menyatakan siap membantu Dili mempersiapkan kebutuhannya untuk secara resmi menjadi anggota ke-11.

“Menyusul keputusan untuk menerima, secara prinsip, Timor-Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN, kami mengadopsi Roadmap for Timor-Leste’s Full Membership in ASEAN,” kata demikian bunyi Chairman Statement of 42nd ASEAN Summit yang dirilis Kamis (11/5/2023).

ASEAN mendorong Timor Leste mengintensifkan upaya dan persiapan untuk keanggotaan penuhnya di ASEAN. “Kami menegaskan kembali dukungan bagi Timor-Leste untuk mencapai tonggak sejarah melalui pemberian bantuan pembangunan kapasitas serta dukungan lain yang diperlukan dan relevan untuk keanggotaan penuh Timor-Leste di ASEAN,” katanya.

Meski saat ini masih berstatus sebagai pengamat (observer), ASEAN menyambut partisipasi Perdana Menteri Timor Lester Taur Matan Ruak pada KTT ke-42 yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, 10-11 Mei 2023.

“Kami menyambut baik partisipasi Perdana Menteri Timor-Leste untuk pertama kalinya dalam KTT ASEAN sebagai pengamat. Kami menegaskan kembali dukungan kami untuk Timor-Leste dalam upaya mereka untuk menempuh jalur pembangunan Komunitas ASEAN,” katanya.

Taur Matan Ruak kembali menyampaikan terima kasih pada Indonesia atas dukungannya untuk keanggotaan Timor Leste di ASEAN. "Terima kasih kepada Yang Mulia Joko Widodo (Jokowi) Presiden Indonesia Ketua ASEAN 2023, atas dukungan dan komitmennya selama ini, yang telah memberikan undangan kepada saya untuk berpartisipasi dalam KTT yang bersejarah ini," ucapnya dalam pidatonya di pembukaan KTT ASEAN ke-42 yang digelar di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

Dia mengungkapkan, menjadi sebuah kehormatan bagi Timor Leste untuk hadir pertama kalinya di KTT ASEAN. Menurutnya momen tersebut menjadi bab baru sejarah, tak hanya bagi Timor Leste, tapi juga ASEAN. Taur Matan Ruak pun mengakui negaranya akan merasakan dampak positif setelah bergabung dengan ASEAN.

"Bergabungnya Timor Leste merupakan momentum bersejarah. Karena dapat memberikan dampak positif dalam berbagai sektor, baik ekonomi maupun sosial. Dengan begitu, berbagai pembangunan yang telah dilakukan dapat terus dilakukan," ucapnya.

Dia mengatakan, Timor Leste akan menaati tindak lanjut peta jalan yang disepakati bersama-sama para anggota ASEAN agar Timor Leste memperoleh status keanggotaan penuh. Sebelum KTT ASEAN ke-42 dimulai, Jokowi telah melakukan pertemuan bilateral dengan Taur Matan Ruak pada Selasa (9/5/2023). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa selama keketuaan Indonesia di ASEAN, peta jalan untuk Timor Leste agar menjadi anggota penuh akan disepakati.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement