Sabtu 13 May 2023 15:26 WIB

Gelombang Panas tak Biasa di Pasifik Barat Laut, Datang Lebih Awal dan Pecahkan Rekor

Suhu panas dapat meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan panas

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Suhu diperkirakan akan mulai meningkat secara signifikan pada Sabtu (13/5/2023), di beberapa bagian Pasifik Barat Laut, seiring dengan gelombang panas yang terjadi lebih awal.
Foto: AP/Mark Rightmire/The Orange County Register
Suhu diperkirakan akan mulai meningkat secara signifikan pada Sabtu (13/5/2023), di beberapa bagian Pasifik Barat Laut, seiring dengan gelombang panas yang terjadi lebih awal.

REPUBLIKA.CO.ID, PORTLAND -- Suhu diperkirakan akan mulai meningkat secara signifikan pada Sabtu (13/5/2023), di beberapa bagian Pasifik Barat Laut, seiring dengan gelombang panas yang terjadi lebih awal. Para ahli memprediksi suhu mungkin akan memecahkan rekor dan akan diperburuk dengan kebakaran hutan yang telah terjadi di bagian barat Kanadal.

Wilayah yang secara historis beriklim sedang ini telah bergulat dengan suhu musim panas yang terik. Sementara kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dipicu oleh perubahan iklim dalam beberapa tahun terakhir akan memperparah suhu.

Baca Juga

Layanan Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan panas yang berlangsung dari hari Sabtu hingga Senin untuk sebagian besar bagian barat negara bagian Oregon dan Washington. Dikatakan bahwa suhu panas dapat meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan panas, terutama bagi mereka yang mengalami dehidrasi atau tidak memiliki pendingin yang efektif.

Suhu di Portland, Oregon, diperkirakan akan berkisar sekitar 94 derajat Fahrenheit (34,4 derajat Celsius) sepanjang akhir pekan, menurut layanan cuaca. Catatan suhu harian saat ini untuk tanggal 13 dan 14 Mei 2023 adalah 92 derajat Fahrenheit (33,3 derajat Celsius ) dan 91 derajat Fahrenheit (32,8 derajat Celsius), masing-masing berasal dari tahun 1973 dan 2014.

Suhu di wilayah Seattle juga dapat mencapai atau melampaui rekor harian, menurut ahli meteorologi Layanan Cuaca Nasional Jacob DeFlitch. "Suhu udara bisa mencapai 85 derajat Fahrenheit (29,4 derajat Celsius) pada hari Sabtu dan mencapai suhu rendah 90-an derajat Fahrenheit (32,2 derajat Celsius) pada Ahad," katanya.

Suhu tinggi yang tidak biasa terjadi di luar musim ini dapat semakin mengobarkan puluhan titik api yang menyala di provinsi Alberta, Kanada bagian barat, di mana para pejabat telah memerintahkan evakuasi dan menyatakan keadaan darurat. Penduduk dan pejabat di Barat Laut telah berusaha menyesuaikan diri dengan kemungkinan realitas gelombang panas yang lebih lama dan lebih panas setelah fenomena cuaca "kubah panas" yang mematikan pada tahun 2021 lalu, yang memicu rekor suhu dan kematian di seluruh wilayah tersebut.

Elizabeth Romero dan ketiga anaknya termasuk di antara mereka yang mendinginkan diri di air mancur di pusat kota Portland pada Jumat sore. "Kami memutuskan untuk mampir... sampai kami semua merasa lebih baik," ujarnya, seraya menambahkan bahwa ia berencana untuk mencari taman yang teduh selama akhir pekan.

King County, yang merupakan pusat kota Seattle, mengarahkan operator transportasi seperti supir bus untuk mengizinkan orang naik secara gratis jika mereka ingin beristirahat sejenak dari cuaca panas atau pergi ke pusat pendingin. Otoritas tunawisma regional daerah tersebut mengatakan bahwa beberapa pusat pendingin dan pusat kegiatan akan dibuka di seluruh wilayah tersebut.

Pihak berwenang juga mendesak orang-orang untuk waspada terhadap suhu air yang dingin, jika mereka tergoda untuk berenang di sungai atau danau untuk menyejukkan diri. Suhu sungai mungkin berada di kisaran rendah hingga pertengahan 40-an (4,4 hingga 7,2 derajat Celsius), kata ahli meteorologi Layanan Cuaca Nasional, Higa.

Penduduk dan pejabat di Pacific Northwest telah menjadi lebih waspada terhadap persiapan gelombang panas, setelah sekitar 800 orang meninggal di Oregon, Washington, dan British Columbia. Selama peristiwa itu cuaca kubah panas pada akhir Juni dan awal Juli 2021, Suhu pada saat itu melonjak ke titik tertinggi sepanjang masa 116 derajat Fahrenheit (46,7 derajat celsius) di Portland dan memecahkan rekor panas di kota-kota besar dan kecil di seluruh wilayah tersebut.

Banyak dari mereka yang meninggal adalah orang tua yang tinggal sendirian. Sebagai tanggapan, Oregon mengesahkan undang-undang yang mewajibkan semua perumahan baru yang dibangun setelah April 2024 untuk memasang AC di setidaknya satu ruangan. Undang-undang ini sudah melarang pemilik rumah untuk melarang penyewa memasang alat pendingin di unit sewaan mereka.

Musim panas lalu, Portland meluncurkan program tanggap panas dengan tujuan memasang pompa panas portabel dan unit pendingin di rumah tangga berpenghasilan rendah. Program ini memprioritaskan penghuni yang lebih tua dan tinggal sendiri, serta mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Organisasi nirlaba lokal yang berpartisipasi dalam program ini telah memasang lebih dari 3.000 unit tahun lalu, menurut Biro Perencanaan dan Keberlanjutan kota tersebut. Para pejabat di Multnomah County, yang merupakan tempat tinggal Portland, mengatakan bahwa mereka tidak berencana untuk membuka pusat pendingin khusus untuk saat ini.

Tapi mereka memantau perkiraan cuaca dan dapat melakukannya jika diperlukan. "Ini adalah kejadian signifikan pertama ... dan ini masih terlalu dini bagi kami," kata Chris Voss, direktur manajemen darurat daerah tersebut.

"Kami tidak melihat situasi di mana kami mendengar bahwa ini sangat berbahaya. Meski begitu, kami tidak tahu apakah ini akan melayang," katanya

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement