Jumat 19 May 2023 07:24 WIB

4 Anak Selamat dari Kecelakaan Pesawat di Kolombia

Empat anak selamat setelah lebih dari dua minggu pesawat yang ditumpanginya jatuh.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Empat anak dari masyarakat adat di Kolombia ditemukan hidup setelah lebih dari dua minggu pesawat Cessna yang ditumpangi mereka jatuh.
Foto: ANTARA/Kornelis Kaha
Empat anak dari masyarakat adat di Kolombia ditemukan hidup setelah lebih dari dua minggu pesawat Cessna yang ditumpangi mereka jatuh.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Empat anak dari masyarakat adat di Kolombia ditemukan hidup setelah lebih dari dua minggu pesawat yang ditumpangi mereka jatuh. Anak-anak itu diselamatkan oleh anggota militer, petugas pemadam kebakaran, dan pejabat otoritas penerbangan sipil di hutan lebat Provinsi Caqueta, Kolombia.

Pesawat Cessna 206 membawa tujuh orang dalam rute Araracuara di provinsi Amazonas menuju San Jose del Guaviare provinsi Guaviare. Pesawat itu kemudian mengeluarkan peringatan mayday karena kerusakan mesin pada dini hari 1 Mei

"Setelah pencarian yang sulit oleh militer kami, kami menemukan dalam keadaan hidup empat anak yang hilang setelah kecelakaan pesawat di Guaviare. Kegembiraan bagi negara," kata Presiden Kolombia Gustavo Petro dalam pesan melalui Twitter.

Sebanyak tiga orang dewasa, termasuk pilot, meninggal akibat kecelakaan itu dan jenazah mereka ditemukan di dalam pesawat. Empat anak berusia 13, 9, dan 4 tahun, serta bayi berusia 11 bulan, berhasil selamat.

Informasi awal dari otoritas penerbangan sipil yang mengoordinasikan upaya penyelamatan menunjukkan, bahwa anak-anak tersebut melarikan diri dari pesawat dan berangkat ke hutan hujan untuk mencari bantuan. Tim penyelamat didukung oleh anjing pencari sebelumnya telah menemukan buah-buahan yang dibuang, yang dimakan anak-anak untuk bertahan hidup.

Mereka juga menemukan tempat berlindung yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan hutan. Pesawat dan helikopter dari angkatan darat dan udara Kolombia berpartisipasi dalam operasi penyelamatan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement