Sabtu 20 May 2023 07:43 WIB

KTT Liga Arab Adopsi Deklarasi Jeddah

KTT Liga Arab bahas konflik Palestina-Israel, Sudan, Yaman, Libya, dan Lebanon.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Reiny Dwinanda
Foto selebaran yang disediakan oleh Saudi Press Agency (SPA) menunjukkan Presiden Suriah Bashar al-Assad (kedua kiri) disambut oleh Wakil Gubernur Wilayah Makkah Arab Saudi, Pangeran Badr bin Sultan bin Abdulaziz Al Saud (tengah), di menjelang KTT Liga Arab, di Bandara Internasional King Abdulaziz, di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (18/5/2023).
Foto:

Diplomat tertinggi Saudi itu meminta semua pihak untuk segera menghentikan pertempuran dan melanjutkan dialog. Namun dia mencatat masih terlalu dini untuk membahas terobosan. Liga Arab menyuarakan penolakan campur tangan asing dalam urusan internal negara-negara Arab.

"(Kami) sepenuhnya menolak mendukung pembentukan milisi bersenjata, (dan memperingatkan) bahwa konflik militer internal hanya akan memperburuk penderitaan rakyat,” ujar pernyataan Liga Arab dalam Deklarasi Jeddah.

Deklarasi Jeddah menyebutkan, selama kepresidenan Arab Saudi di Liga Arab, Saudi akan memperkuat aksi bersama negara-negara Arab di berbagai sektor budaya, ekonomi, sosial dan lingkungan. Inisiatif ini termasuk mengajarkan bahasa Arab kepada penutur asing, yang menargetkan anak-anak imigran Arab generasi kedua dan ketiga untuk meningkatkan komunikasi antara negara-negara Arab dan seluruh dunia.

Inisiatif lain bertujuan untuk mempertahankan rantai pasokan komoditas pangan pokok untuk negara-negara Arab. Hal ini akan dilaksanakan dengan menggunakan beberapa langkah, termasuk memberikan peluang investasi dengan kelayakan ekonomi dan keuangan dan berkontribusi untuk mencapai ketahanan pangan bagi dunia Arab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement