Senin 22 May 2023 05:17 WIB

Prediksinya Meleset Jauh, Lembaga Survei Turki Beralibi Gara-Gara Ramadhan

Kinerja lembaga survei disorot sebab prediksi Erdogan kalah, tapi malah menang.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto:

Sejumlah jajak pendapat sebelum pelaksanaan Pilpres Turki, Ahad (14/5/2023) bermunculan. Capres oposisi Kemal Kilicdaroglu diunggulkan dibandingkan pejawat Presiden Recep Tayyip Erdogan dengan selisih suara lebih dari 10 persen. 

Kilicdaroglu diyakini mampu memenangkan lebih dari 50 persen suara, sebagai syarat pilpres hanya satu putaran. Mereka juga memprediksi koalisi oposisi, Nation Alliance, mampu menyapu mayoritas kursi di parlemen. Minimal enam persen di atas koalisi yang dipimpin AK Party. 

Jajak pendapat Aksoy Research yang diselenggarakan pada 8 Maret dan dirilis Sabtu (11/3/2023)  menunjukkan, Kilicdaroglu memperoleh dukungan suara 55,6 persen. Sedangkan rivalnya, Erdogan hanya 44,4 persen suara. 

Jajak pendapat pada 6-7 Maret oleh Alf Research juga menempatkan Kilicdaroglu sebagai kampiun, dengan 55,1 persen suara dan Erdogan 44,9 persen. Piar Research menempatkan Kilicdaroglu dengan kemenangan 57,1 persen. Erdogan 42,0 persen.

ORC Research memperlihatkan 56,8 persen bakal diraih Kilicdaroglu, sebanyak 43,2 persen untuk Erdogan. Jajak pendapat ini dilaksanakan pada 4-6 Maret, sebelum capres dari oposisi utama diumumkan secara resmi pada 8 Maret.

Gempa bumi Februari 2023, tampaknya hanya berdampak kecil bagi popularitas AKP, partai pendukung Erdogan. Jajak pendapat Metropoll menyajikan data, 34,4 persen responden menyalahkan pemerintah karena kerugian akibat gempa, 26,9 persen menyalahkan kontraktor. 

Sebanyak 15,4 persen menyalahkan pemerintah kota, 12,9 persen responden lainnya menyatakan semua bertanggung jawab. 

Merve Tahiroglu, direktur program Project on Middle East Democracy di Turki, menyatakan koalisi oposisi beragam. Setiap sosok penting di koalisi tersebut bisa menjangkau segmen berbeda di Turki. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement