Senin 22 May 2023 11:26 WIB

Presiden Iran Ebrahim Raisi akan Kunjungi Indonesia Besok

Presiden Raisi diagendakan mengunjungi di TMP Kalibata, Jakarta.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Iran Ebrahim Raisi diagendakan mengunjungi Indonesia pada 23-24 Mei 2023.
Foto: AP Photo/Vahid Salemi
Presiden Iran Ebrahim Raisi diagendakan mengunjungi Indonesia pada 23-24 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Iran Ebrahim Raisi diagendakan mengunjungi Indonesia pada 23-24 Mei 2023 atau Selasa dan Rabu pekan ini. Dia akan diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor.

“Presiden Iran YM Seyyed Ebrahim Raisi didampingi oleh Ibu Negara Jamileh Alamolhoda akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 23-24 Mei 2023 dan diterima oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Mei 2023 di Istana Kepresidenan Bogor,” kata Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) lewat keterangannya, Senin (22/5/2023).

Baca Juga

Dalam kunjungannya nanti, Raisi didampingi oleh sejumlah pejabat, antara lain menteri luar negeri, menteri informasi dan teknologi komunikasi, menteri perminyakan, dan sejumlah wakil menteri serta pimpinan lembaga pemerintah.

Kemenlu mengungkapkan, dalam lawatan Raisi akan disepakati beberapa perjanjian penting guna memajukan hubungan bilateral Indonesia-Iran. Akan ada pula beberapa nota kesepahaman yang diteken. “Terutama di bidang ekonomi juga penanganan narkotika,” kata Kemenlu.

Sebelum bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, Raisi diagendakan meletakkan karangan bunga terlebih dulu di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Selain Presiden Jokowi, Raisi turut diagendakan bertemu Ketua DPR RI dan Ketua MPR RI serta berkunjung ke Masjid Istiqlal.

Presiden Iran yang terakhir kali mengunjungi Indonesia adalah Hassan Rouhani. Dia berkunjung ke Indonesia pada 23-24 April 2015 untuk berpartisipasi dalam Peringatan 50 Tahun Konferensi Asia-Afrika. Presiden Jokowi juga pernah melakukan kunjungan ke Iran pada 14 Desember 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement