Senin 22 May 2023 22:18 WIB

Sepekan Jelang Coblosan, Capres Sinan Ogan Alihkan Dukungan ke Erdogan 

Pengamat memperkiran, tak semua pemilih Ogan otomatis memberikan suaranya ke Erdogan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ferry kisihandi
Presiden Recep Tayyip Erdogan bertemu capres pesaing Sinan Ogan.
Foto: @trtworld
Presiden Recep Tayyip Erdogan bertemu capres pesaing Sinan Ogan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA – Capres Sinan Ogan yang meraih dukungan 5,17 persen suara pada putaran pertama Pilpres Turki secara resmi memberikan dukungan pada pejawat Presiden Recep Tayyip Erdogan, Senin (22/5/2023). 

‘’Setelah mempertimbangkan secara mendalam, saya umumkan akan mendukung capres dari People’s Alliance, Recep Tayyip Erdogan, pada putaran kedua pilpres. Saya juga menyeru kepada pemilih saya untuk memberikan suara kepada Erdogan,’’ katanya.

Dukungan Ogan disampaikan dalam konferensi pers di Ankara. ''Kampanye yang saya lakukan mengantarkan kelompok nasionalis Turki sebagai kunci,'' katanya menambahkan. Pengumuman ini muncul sepekan menjelang putaran kedua Pilpres Turki pada 28 Mei mendatang. 

Putaran kedua akan menentukan apakah Erdogan atau capres oposisi Kemal Kilicidaroglu akan memegang tampuk kepemimpinan di Turki lima tahun mendatang. Pada putaran pertama, 14 Mei lalu, Erdogan meraih 49,52 suara, Kilicdaroglu 44,88 suaran, dan Sinan 5,17 persen. 

Ogan, mantan akademisi, merupakan kandidat koalisi partai sayap kanan yang dipimpin Victory Party. Mereka dikenal dengan sikap antiimigran. Erdogan menegaskan, dukungan kepada dia pada putaran kedua akan membuahkan stabilitas. 

Para pengamat memperkirakan, ‘’dukungan Ogan bakal memberikan tambahan amunisi bagi Erdogan tetapi juga bisa membelah pendukung capres urutan ketiga tersebut.’’ Menurut Aljazirah,  The Victory Party pada Selasa akan mengumumkan sikapnya. 

Sejumlah pengamat lainnya juga menyatakan, tak semua pemilih Ogan otomatis memberikan suaranya ke Erdogan. ‘’Suara bisa dialihkan ke Kilicdaroglu, sedangkan lainnya bisa saja tak memberikan suaranya kepada siapapun.’’

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement