Senin 22 May 2023 22:18 WIB

Sepekan Jelang Coblosan, Capres Sinan Ogan Alihkan Dukungan ke Erdogan 

Pengamat memperkiran, tak semua pemilih Ogan otomatis memberikan suaranya ke Erdogan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ferry kisihandi
Presiden Recep Tayyip Erdogan bertemu capres pesaing Sinan Ogan.
Foto:

Menanggapi pertanyaan, apakah Turki akan memulihkan hubungan dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad, Erdogan mengatakan bahwa dia berhubungan baik dengan Assad. Namun karena beberapa perkembangan, hubungan Turki dan Suriah terputus. Namun Erdogan tidak menutupi kemungkinan, Turki dan Suriah akan kembali menjalin hubungan diplomatik yang ditengahi oleh Rusia. 

 “(Melalui) persahabatan saya dengan Presiden (Vladimir) Putin, kami pikir kami dapat membuka pintu, khususnya dalam perang melawan terorisme di bagian utara Suriah, yang membutuhkan kerja sama dan solidaritas yang erat. Jika kita bisa melakukan itu, saya pikir tidak ada hambatan yang akan menghalangi rekonsiliasi kita,” ujar Erdogan.

Ketika ditanya tentang permintaan Assad pada Turki untuk menarik militernya dari Suriah untuk sebuah pertemuan, Erdogan mengatakan, Turki memiliki lebih dari 900 kilometer perbatasan dengan Suriah, dan ada ancaman teror konstan dari perbatasan tersebut. Erdogan mengatakan, Turki tidak akan mundur dari Suriah karena ancaman teror berlanjut. 

 

"Satu-satunya alasan kami memiliki kehadiran militer di perbatasan adalah untuk memerangi terorisme. Itulah satu-satunya alasan," kata Erdogan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement