Rabu 24 May 2023 19:22 WIB

Rusia dan ASEAN akan Perkuat Kerja Sama Kontra-Terorisme

Rusia siap mendukung dan memperkuat peran sentral ASEAN dalam urusan regional.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Rusia sebut ASEAN memainkan peran utama dalam memastikan perdamaian, stabilitas, dan rasa saling percaya di antara para pemain regional utama
Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Rusia sebut ASEAN memainkan peran utama dalam memastikan perdamaian, stabilitas, dan rasa saling percaya di antara para pemain regional utama

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Rusia dan ASEAN telah menggelar putaran ketiga konsultasi terkait masalah keamanan yang dihadiri perwakilan tingkat tinggi kedua belah pihak, Selasa (23/5/2023). Nikolay Patrushev selaku Sekretaris Dewan Keamanan Rusia mewakili negaranya dalam pertemuan tersebut.

Menurut keterangan pers Dewan Keamanan Rusia, dalam konsultasi dengan ASEAN, terdapat beberapa isu yang dibahas, antara lain stabilitas strategis, pengendalian senjata, dan situasi keamanan di kawasan Asia Pasifik.

Baca Juga

“Kedua belah pihak menegaskan kembali komitmen mereka untuk kerja sama kontra-teroris dan anti-kejahatan yang lebih erat antara Rusia dan negara-negara ASEAN, serta pada isu-isu untuk memastikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang aman,” katanya, dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Sementara itu Nikolay Patrushev mengatakan, ASEAN merupakan salah satu pusat kerja sama politik, perdagangan, dan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. “(ASEAN) memainkan peran utama dalam memastikan perdamaian, stabilitas, dan rasa saling percaya di antara para pemain regional utama,” ujarnya,.

Dia mengungkapkan, Rusia siap mendukung dan memperkuat peran sentral ASEAN dalam urusan regional. “Pendekatan ASEAN dekat dengan konsep keamanan Rusia yang setara dan tak terpisahkan,” ucapnya.

Patrushev mengatakan, konsultasi Rusia-ASEAN terkait masalah keamanan untuk pertama kalinya digelar secara tatap muka. Dia berterima kasih kepada Kamboja sebagai koordinator kemitraan dialog Rusia-ASEAN atas bantuan mereka dalam penyelenggaraan pertemuan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement