Kamis 25 May 2023 08:15 WIB

Kapal Induk Terbesar di Dunia Berlayar di Norwegia

NATO akan menggelar latihan militer.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
  Kapal induk  AS (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Kapal induk AS (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Kapal induk terbesar di dunia USS Gerald R Ford berlayar ke Oslo pada Rabu (24/5/2023). Perjalanan ini yang pertama untuk kapal Amerika Serikat (AS) semacam itu dalam unjuk kekuatan aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada saat ketegangan meningkat dengan Rusia atas perang di Ukraina.

Kapal dan awak USS Gerald R Ford akan melakukan latihan dengan angkatan bersenjata Norwegia di sepanjang pantai negara itu dalam beberapa hari mendatang. "Kunjungan ini merupakan sinyal penting dari hubungan bilateral yang erat antara AS dan Norwegia dan sinyal kredibilitas pertahanan dan pencegahan kolektif,” kata juru bicara pusat komando operasional militer Markas Gabungan Norwegia Jonny Karlsen.

Baca Juga

Salah satu di fyord Oslo, puluhan orang dari segala usia berkumpul di pantai untuk mengamati kapal yang melintas. Mereka mengambil gambar dan video mengabadikan momen tidak biasa tersebut.

Sedangkan media Norwegia melaporkan kapal induk akan berlayar ke utara Lingkaran Arktik. Karlsen menolak mengomentari laporan tersebut.

Kedutaan Rusia di Norwegia mengutuk kunjungan kapal induk itu ke Oslo. "Tidak ada keraguan di utara (Arktik) yang membutuhkan solusi militer, atau topik yang membutuhkan intervensi dari luar," kata pernyataan kedutaan itu dalam sebuah posting Facebook.

"Mengingat diakui di Oslo bahwa Rusia tidak menimbulkan ancaman militer langsung ke Norwegia, demonstrasi kekuatan seperti itu tampak tidak masuk akal dan berbahaya," ujar keterangan tersebut.

Norwegia yang merupakan anggota NATO berbagi perbatasan dengan Rusia di Kutub Utara dan tahun lalu menjadi pemasok gas terbesar Eropa setelah penurunan aliran gas Rusia. Militer Norwegia dan sekutu NATO telah berpatroli di sekitar anjungan minyak dan gas lepas pantai sejak musim gugur, menyusul ledakan di pipa Nord Stream di Laut Baltik. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement