Jumat 26 May 2023 01:15 WIB

Mahasiswa Indonesia di Rusia Pamer Kebudayaan dan Kesenian di Kota Kazan

Mahasiswa Indonesia di kota Kazan menampilkan semarak aneka ragam budaya Indonesia

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Mahasiswa Indonesia di Rusia menampilkan seni dan kebudayaan Indonesia di Kota Kazan dalam kegiatan Indonesian Cultural Day (ICD) dengan tema
Foto: Republika/Dwi Murdaningsih
Mahasiswa Indonesia di Rusia menampilkan seni dan kebudayaan Indonesia di Kota Kazan dalam kegiatan Indonesian Cultural Day (ICD) dengan tema "Spirit of Harmony, Embrace the Diversity".

REPUBLIKA.CO.ID, KAZAN -- Mahasiswa Indonesia di Rusia menampilkan seni dan kebudayaan Indonesia di Kota Kazan dalam kegiatan Indonesian Cultural Day (ICD) dengan tema "Spirit of Harmony, Embrace the Diversity". Penampilan ini dihadiri 250 orang di gedung berkapasitas 300 kursi di Gedung Uniks di Kazan Federal University (KFU).

Dalam kegiatan itu mahasiswa Indonesia di kota Kazan menampilkan semarak aneka ragam budaya Indonesia lewat bermacam stan kuliner, busana, dan pertunjukan budaya.

“Selamat datang di Indonesia dan apa yang hari ini dibawakan teman-teman mahasiswa hanyalah sebagian kecil dari keragaman budaya, busana, dan kuliner yang ada di Indonesia, namun cukup untuk memperlihatkan Indonesia di kota berpenduduk mayoritas muslim seperti Kazan ini”, kata Wakil Duta Besar KBRI Moskow, Berlian Helmy, dalam membuka kegiatan seperti dikutip dari siaran pers yang Republika terima, Kamis (25/5/2023).  

Berlian juga menyampaikan ucapan selamat atas peresmian Indonesia’s Student Club di KFU guna memfasilitasi kegiatan belajar mengajar mahasiswa Indonesia di KFU. Wakil Rektor Bidang Hubungan Eksternal KFU Alishev Timirkhan Bulatovich mengatakan ia bangga mahasiswa Indonesia dapat memperkenalkan budaya negara asal kepada civitas academika dan masyarakat umum Kazan.

”Ada 78 mahasiswa Indonesia yang belajar berbagai bidang ilmu di KFU dan cenderung terus bertambah setiap tahun. KFU sangat berminat mengembangkan kerja sama dengan Indonesia dan karenanya pada Februari 2023 KFU adalah satu-satunya kampus Rusia yang ikut serta dalam pameran Education Expo di Indonesia. Kami berencana berpartisiasi kembali tahun depan”, kata Bulatovich.

Acara KBRI Moskow dan lembaga kemahasiswaan International Club of Friendship of KFU yang pada tahun 2023 ini berusia 50 tahun, para mahasiswa memperagakan budaya Indonesia. Mereka menunjukkan permainan kata-kata dan kuis, pameran kostum adat, pameran buku-buku Indonesia termasuk buku 10 New Bali, Wayang, Kain batik, gantungan kunci tradisional, photobooth, cemilan sate pentol, pisang goreng, rolade telur dan kue.

Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Moskow, Nanang S. Fadilah, ikut meriahkan acara dengan menyanyikan lagu Katyusha. Sanggar Tari Kinara Nusantara Dance (KND) juga menampilkan tari Geol.

Mahasiswa Indonesia juga menampilkan tarian, nyanyian,musikalisasi puisi, tari Ambon (Katreji), tari Garuda, tari suara Vokal Grup Ambon, Tari Trunajaya; Tari Indang; Vokal Grup Rayuan Pulau Kelapa; dan Flashmob tari Maumere.

Kazan merupakan ibukota Tatarstan atau Ibukota muslim Rusia dengan 50 persen dari total jumlah penduduk yang mencapai 1,3 juta jiwa (2022) adalah muslim. Dengan luas 425.3 km², Kazan menjadi kota terbesar kelima di Rusia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement