Sabtu 27 May 2023 00:40 WIB

Vietnam MInta Cina Tarik Kapal Mereka dari Zona Ekonomi Eksklusif

ZEE Vietnam ditetapkan sesuai dengan ketentuan Konvensi PBB tahun 1982.

Pasukan Penjaga Pantai Vietnam mengabadikan foto kapal Cina yang memasuki perairan  zona ekonomi eksklusif (ZEE) Vietnam.
Foto: AP
Pasukan Penjaga Pantai Vietnam mengabadikan foto kapal Cina yang memasuki perairan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Vietnam.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Vietnam meminta Cina menarik kapal penelitian mereka, Xiang Yang Hong 10, lalu kapal penjaga pantai dan kapal penangkap ikan dari perairan Vietnam, kata Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Pham Thu Hang pada Jumat (26/5/2023).

Dia menyerukan hal tersebut sebagai tanggapan pertanyaan seorang wartawan mengenai reaksi Vietnam atas operasi ilegal kapal-kapal Cina di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Vietnam di Laut Timur baru-baru ini. Hang menegaskan bahwa ZEE Vietnam ditetapkan sesuai dengan ketentuan Konvensi PBB tahun 1982 tentang Hukum Laut.

Baca Juga

Kementerian Luar Negeri Vietnam dan instansi terkait telah berkomunikasi dengan pihak Cina dan menerapkan langkah sejalan dengan hukum internasional dan Vietnam untuk memastikan hak dan kepentingan Vietnam yang sah dihormati.

Vietnam meminta instansi terkait dari Cina untuk mematuhi persepsi bersama kedua pemimpin negara dan segera menghentikan pelanggaran, menarik kapal riset dan kapal penjaga pantai, serta kapal penangkap ikan mereka dari perairan Vietnam.

Vietnam juga mendesak Cina untuk menghormati hak kedaulatan dan wilayah hukum Vietnam dengan ketat menerapkan Deklarasi Sikap Para Pihak di Laut Timur (DOC), juga menjaga perdamaian, kerja sama, dan pembangunan Laut Timur, serta berkontribusi dalam pengembangan kerja sama antara kedua negara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement