Sabtu 27 May 2023 07:33 WIB

Pendukung Yakin, Erdogan Menang Bersamaan dengan Perayaan Penaklukan Konstantinopel 1453

Pengamat menilai ada demoralisasi pada pendukung capres oposisi.

Spanduk pilpres terlihat di antara pendukung Presiden Recep Tayyip Erdogan yang ikut kampanye di Istanbul,  Jumat (26/5 2023).
Foto:

Bagi pendukung Kilicdaroglu putaran kedua agak menipiskan harapan. Sebab, 14 Mei lalu mereka yakin kandidatnya bisa menang mudah apalagi lembaga survei memprediksi Kilicdaroglu menang dalam satu putaran atas Erdogan.

‘’Sebelum 14 Mei saya berharap Erdogan tersingkir tetapi sekarang sepertinya dia tak bisa dikalahkan,’’ kata Olcay pengusaha toko baju di Cihangir, distrik fesyen di Istanbul. Olcay yang menolak menyebut nama lengkapnya, menyatakan semua lelah dengan perjuangan ini. 

Berk Esen, asisten profesor ilmu politik di Sabanci University, Istanbul mengatakan, ada demoralisasi pada pihak oposisi. Di tengah krisis ekonomi, lambatnya respons pemerintah selama dan setelah gempa Februari 2023, Erdogan masih saja meraih suara hampir 50 persen. 

‘’Keadaan ini benar-benar membuat pemilih oposisi kecewa, popularitas Erdogan masih tinggi di mata pemilih,’’ kata Esen. Rasa kecewa juga mencuat sebab kepemimpinan oposisi dan lembaga survei melambungkan harapan tetapi ternyata tak sesuai dengan kenyataan. 

Pengamat memperkirakan tingkat partisipasi pada Ahad, 28 Mei masih tinggi meski tak mencapai 89 persen seperti di putaran pertama pilpres. ‘’Mungkin bisa mencapai 84-85 persen,’’ kata Esen. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement