Ahad 28 May 2023 08:40 WIB

Pemilu Putaran Kedua Turki Digelar Hari Ini, Begini Cuitan Erdogan

Sekitar 85 juta penduduk Turki akan menggunakan hak pilihnya.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Turki akan mengadakan pemungutan suara ulang pada Ahad (28/5/2023) ini untuk memilih presiden. Sebanyak 191.885 kotak suara telah disiapkan untuk para pemilih yang berjumlah 85 juta orang.
Foto:

Kendati harga makanan meroket dan inflasi mencapai 43 persen, Erdogan tetap unggul dalam pemilu putaran pertama dengan memperoleh 49,5 persen suara. Erdogan dijagokan memenangkan pemilu putaran kedua. Bahkan Erdogan juga unggul di sejumlah wilayah yang terkena dampak gempa dahsyat pada Februari lalu. Ketika terjadi gempa, pemerintahan Erdogan menuai kritik karena respon yang lambat.

"Saya pikir dia adalah politisi Teflon (terhebat). Dia juga memiliki sentuhan umum. Anda tidak dapat menyangkalnya. Dia memancarkan kekuatan. Itu satu hal yang tidak dimiliki oleh (kandidat oposisi Kemal) Kilicdaroglu," kata Profesor Soli Ozel, yang mengajar hubungan internasional di Universitas Kadir Has Istanbul.  

Siapa pun presiden Turki berikutnya, nasionalisme sudah menjadi pemenang di negara itu.  Para pemilih telah memilih parlemen paling nasionalis dan konservatif yang pernah ada. Koalisi Partai AK (Keadilan dan Pembangunan) pimpinan Erdogan tetap memegang kendali.

Pada Ahad (28/5/2023) para pemilih akan pergi ke tempat pemungutan suara untuk pemilu putaran kedua. Erdogan menjanjikan abad Turki baru jika dia terpilih kembali. Pendukung Erdogan  mengatakan, dia akan memberikan lebih banyak pembangunan dan membuat Turki lebih kuat. Sementara para pengkritiknya mengatakan, kemenangan Erdogan berarti akan ada lebih banyak Islamisasi, dan masa depan yang suram. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement