Senin 29 May 2023 07:27 WIB

Erdogan: Bye Bye Kemal 

Kilicdaroglu menyatakan ini pilpres paling tak adil yang pernah digelar.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memenangkan pemilu putaran kedua. Ia memperoleh suara 52,16 persen
Foto:

Terima hasil pemilu

Di Ankara, pemilih Erdogan, Hacer Yalcin meyakini masa depan Turki akan hebat. ‘’Tentu saja Erdogan pemenangnya. Siapa lagi? Dia telah memberikan segalanya bagi kami. Tuhan memberkati kita,’’ katanya menegaskan. 

Daerah dengan mayoritas berpopulasi warga Kurdi, Diyarbaki, Ahmet Koyun, menyatakan setiap orang harus menerima hasil pilpres pada Ahad itu. Meski dalam pilpres kemarin ia memberikan dukungan kepada Kilicdaroglu, berharap ada perubahan. 

‘’Rakyat bersedih, pemerintahan sarat korupsi kembali memegang kekeuasaan. Kemal sosok yang hebat untuk negara kita, paling tidak untuk melakukan perubahan,’’ katanya. Sebagian besar pemilih di Diyarbakir memberikan dukungan kepada Kilicdaroglu.

Baca Juga: Erdogan Menang Tipis

Dalam pidato kemenangannya, Erdogan menyampaikan rencana setelah kembali menjabat untuk lima tahun kedepan. Pembangunan kembali kota-kota yang hancur karena gempa Februari lalu akan menjadi prioritasnya. 

Satu juta pengungsi Suriah, tambah dia, akan ditempatkan di zona-zona aman Suriah yang di bawah kendali Pemerintah Turki. Ini merupakan bagian program yang dilakukan bersama Qatar. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement