Senin 29 May 2023 09:39 WIB

Erdogan Curang?

Beredar sebuah video Erdogan memberi uang tunai 200 lira kepada warga di luar TPS

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Beredar sebuah video Recep Tayyip Erdogan memberi uang tunai 200 lira kepada warga di luar tempat pemungutan suara
Foto: AP Photo/Khalil Hamra
Beredar sebuah video Recep Tayyip Erdogan memberi uang tunai 200 lira kepada warga di luar tempat pemungutan suara

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Pejawat Turki Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih dalam putaran kedua yang berlangsung pada Ahad (28/5/2023). Namun, beredar sebuah video yang menunjukkan pemimpin yang sudah berkuasa lebih dari 20 tahun itu membagikan uang tunai kepada warga.

Melalui tayangan video yang dibagikan Reuters, terlihat sosok Erdogan yang dikerumuni oleh banyak orang. Dalam kesempatan itu, dia terlihat membagikan uang kertas senilai 200 lira kepada warga yang berkumpul sambil menyalami mereka. Dalam keterangan yang diberikan, kegiatan Erdogan tersebut dilakukan di luar tempat pemungutan suara di Istanbul.

Baca Juga

Namun, kegiatan membagikan uang  bukan kali pertama. Menurut wionews, menjelang putaran pertama pemilihan presiden pada 14 Mei, Erdogan juga terlihat membagi-bagikan uang tunai kepada anak-anak.

Hukum Turki melarang kandidat berkampanye pada hari pemilihan. Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Erdogan dan badan penyelenggara pemilu atas kegiatan tersebut.

Menurut laporan YahooNews, langkah tersebut telah menjadi tradisi bagi Erdogan. Presiden Turki ini biasanya juga akan membagikan mainan kepada anak-anak pada acara-acara khusus, termasuk hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement