Jumat 02 Jun 2023 11:35 WIB

Presiden Biden Terjatuh, Ini Reaksi Trump 

Ron DeSantis, gubernur Florida bersimpati sekaligus menyerang Biden.

Donald Trump
Foto:

Biden berada di panggung kelulusan menyampaikan pidato. Lalu ia memberikan selamat kepada salah satu lulusan. Berjabat tangan dengan lulusan tersebut. Ia kemudian hendak menuju tempat duduknya. 

Saat melangkah menuju tempat duduknya itulah, ia tersandung sesuatu lalu terjatuh. Ia tersungkur. Biden yang mengenakan topi biru itu, berusaha berdiri dengan bantuan tangan kanannya. Tiga petugas membantunya untuk berdiri. 

Setelah dapat berdiri tegak, Biden dengan telunjuk tangan kiri menunjuk sesuatu di dekat mimbar tempat ia berpidato sebelumnya. Ia tersenyum bersama tiga orang yang membantunya. Presiden berusia 80 tahun itu melangkah menuju tempat duduknya.

Ia mengikuti acara pelepasan lulusan sampai akhir. ‘’Saya tersandung karung pasir,’’ kata Biden kepada reporter sambil tersenyum saat sudah kembali ke Gedung Putih, Kamis malam. Juni lalu, Biden terjatuh dari sepedanya, beruntung tidak terluka.

Dua karung pasir kecil warna hitam diletakkan di panggung, digunakan untuk menyangga teleprompter yang digunakan Biden dan pembicara lainnya di acara kelulusan itu.  Selama ini banyak pertanyaan mengenai kesehatannya dalam menjalankan tugasnya menjadi presiden.

Biden berencana kembali maju ke pilpres pada 2024. Februari lalu, para dokter menyatakan Biden sehat dan fit untuk menjalankan tugasnya. Mereka mengungkapkan pula, Biden tak minum alkohol, tak merokok, dan berolahraga lima kali sepekan. 

Jajak pendapat menunjukkan, warga AS menaruh perhatian pada siapa saja dia atas 75 tahun yang menjadi presiden. Menurut data Centers for Disease Control and Prevention, orang berusia 65 tahun ke atas yang jatuh bisa mengakibatkan luka fatal. 

Biden bukan tokoh politik pertama yang pernah jatuh. Presiden Gerald Ford jatuh saat berjalan keluar Air Force One pada 1975. Senator Bob Dole dari Kansas jatuh dari panggung saat berkampanye pada 1996, untuk pencalonan presiden dari Partai Republik. 

Presiden Barack Obama tergelincir saat menaiki tangga panggung di sebuah acara pada 2012. ‘’Saya terlalu bersemangat, sampai saya tak menginjak anak tangga,’’ katanya. 

 

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement