Jumat 02 Jun 2023 11:35 WIB

Presiden Biden Terjatuh, Ini Reaksi Trump 

Ron DeSantis, gubernur Florida bersimpati sekaligus menyerang Biden.

Donald Trump
Foto: Reuters
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, IOWA – Dua tokoh Partai Republik yang hendak maju pada Pilpres 2024 bereaksi atas jatuhnya Presiden AS Joe Biden. Biden mengalami insiden di acara kelulusan Akademi Angkatan Udara, Colorado Springs, Kamis (1/6/2023). Ia jatuh karena tersandung karung pasir. 

Mantan presiden Donald Trump (76) sedang berada di Iowa saat peristiwa Biden jatuh. Ia melakukan kampanye pencapresan kembali dirinya untuk Pilpres 2024. Ia menceritakan pula pengalamannya saat di Akademi Militer West Point. 

‘’Dia benar-benar jatuh? Well, saya harap dia tidak terluka,’’ kata Trump setelah salah satu peserta kampanye memberi tahu dirinya bahwa Biden jatuh. 

‘’Semuanya gila. Anda harus berhati-hati soal itu karena Anda tak menginginkan itu terjadi, bahkan jika harus berjinjit menuruni tangga di sana,’’ ujar Trump. Massa kampanye Trump tertawa saat ia menyampaikan pengalamannya itu. 

Menurut Trump, ia mesti berjalan pelan-pelan saat berjalan turun karena jalan lereng yang  licin di Akademi Militer. ‘’Jika Biden jatuh, itu buruk. Itu tempat buruk untuk jatuh. Saya pikir itu Akademi Angkatan Udara, bukan? Itu tak menginspirasi,’’ ujarnya.

Pada 2020, Trump berjalan lamban dan berhati-hati ketika melalui jalan lereng di Akademi Militer AS, West Point.

Ron DeSantis, gubernur Florida yang juga berniat maju ke pilpres tahun depan, memanfaatkan peristiwa ini untuk melakukan serangan politik ke Biden saat berkampanye di New Hampshire. Ia bersimpati sekaligus menyerang. 

‘’Kami harap Joe Biden lekas pulih jika terluka tetapi kita juga berdoa AS segera pulih dari luka akibat Joe Biden dan kebijakan-kebijakannya,’’ katanya. 

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement