Ahad 04 Jun 2023 21:17 WIB

Menlu Malaysia dan Prancis Bahas Stabilitas Indo-Pasifik

Menlu Malaysia dan Prancis bahas keamanan Indo-Pasifik, Laut Cina Selatan dan ASEAN

Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abd. Kadir dan Menteri untuk Eropa dan Luar Negeri Prancis Catherine Colonna bertemu membahas berbagai isu
Foto: AP Photo/Burhan Ozbilici
Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abd. Kadir dan Menteri untuk Eropa dan Luar Negeri Prancis Catherine Colonna bertemu membahas berbagai isu

REPUBLIKA.CO.ID, JOHOR BAHRU -- Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abd. Kadir dan Menteri untuk Eropa dan Luar Negeri Prancis Catherine Colonna bertemu di Paris membahas berbagai isu termasuk memastikan stabilitas dan keamanan kawasan Indo-Pasifik, Laut Cina Selatan dan ASEAN.

Dalam pernyataannya melalui media sosial yang diakses di Johor Bahru, Malaysia, Ahad (4/6/2023) Zambry mengatakan program kunjungannya di Paris tidak lengkap jika tidak bertemu dengan rekan sejawatnya Menteri Colonna, dan melakukan pertemuan bilateral.

Ia mengatakan telah menyuarakan pandangan Malaysia terhadap isu-isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama, agar kedua negara dapat memainkan peran yang penting di platform multilateral.

"Termasuk memastikan stabilitas dan keamanan kawasan terpelihara, khususnya yang berkaitan dengan kawasan Indo-Pasifik, Laut Cina Selatan dan ASEAN," kata Zambry.

Selain membahas usaha meningkatkan kerja sama bilateral dua negara di sektor pendidikan, pertahanan, investasi, kesehatan, menurut Zambry, mereka juga memetakan arah dan kolaborasi yang berdampak lebih besar dan menguntungkan perekonomian kedua negara, terutama dalam ekonomi hijau, digital, dan energi terbarukan.

Ia mengatakan keduanya juga sempat membahas soal pengakuan dan posisi Pemerintah Prancis terkait kedaulatan dan keutuhan wilayah Malaysia berdasarkan batas-batas yang diakui secara internasional.

Hasil kunjungan kerja itu, menurut dia, kedua negara mampu menjaga momentum positif, mempererat dan memperkuat hubungan bilateral yang telah terjalin antara Malaysia dan Prancis serta memperbanyak upaya ke arah tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement