Ahad 04 Jun 2023 22:16 WIB

Calon Kuat PM Thailand Ikut Parade Gay, Janjikan UU Dukung LGBTQ+

Ketika pemerintahan terbentuk Pita akan membuat UU yang mendukung kesetaraan gender.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ferry kisihandi
 Pita Limjaroenrat, pemimpin Partai  Move Forward saat mengumumkan kemenangan pemilu di Bangkok, Senin (15/5/2023).
Foto: AP Photo/Wason Wanichakorn
Pita Limjaroenrat, pemimpin Partai Move Forward saat mengumumkan kemenangan pemilu di Bangkok, Senin (15/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Calon perdana menteri (PM) Thailand berikutnya, Pita Limjaroenrat bergabung dalam parade LGBTQ+, Pride di Bangkok pada Ahad (4/6/2023). Ia berjanji mengesahkan UU yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis dan hak identitas gender, jika ia menjadi PM.

Ribuan orang LGBTQ+, sekutu, dan pemimpin politik mereka berpawai melalui pusat Kota Bangkok. Mereka mempromosikan kesetaraan gender dalam parade resmi Pride kedua yang diadakan di Thailand. Mereka melambai-lambaikan bendera pelangi, simbol LGBTQ+. 

Baca Juga

Salah satu peserta parade memegang plakat bertuliskan "kebebasan memilih jenis kelamin" dan satu orang lainnya memegang plakat bertuliskan "cinta adalah cinta", yang dihiasi warna pelangi.  

Gubernur Bangkok, Chadchart Sittipunt mengatakan, lebih dari 50 ribu orang bergabung dalam parade Pride tahun ini. Jumlah tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan acara Pride tahun lalu.

Tokoh-tokoh politik yang bergabung dalam pawai termasuk Pita, pemimpin partai progresif, Move Forward. Dia memimpin koalisi setelah memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan umum 14 Mei lalu. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement