Senin 05 Jun 2023 11:32 WIB

Australia Bantah AUKUS Ingin Sisihkan Sentralitas ASEAN

QUAD dan AUKUS justru berusaha melengkapi peran tersebut.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Pemimpin kelompok AUKUS, pakta keamanan trilateral antara Australia, Inggris, dan AS.
Foto:

Terkait kekhawatiran yang timbul dari kesepakatan AUKUS, Marles menyebut Australia telah seterbuka mungkin dalam mengomunikasikan postur dan niat pertahanannya. Dia mencatat, Australia telah melakukan lebih dari 60 panggilan ke para pemimpin regional dan global ketika kesepakatan kapal selam bertenaga nuklir di bawah AUKUS diumumkan.

Marles membandingkan keterbukaan Australia dengan kurangnya “jaminan strategis” dalam pembangunan militer Cina. “Ada peningkatan yang sangat signifikan yang kita lihat dengan Cina, dalam hal militernya. Itu adalah kurangnya penjelasan strategis untuk apa itu, dan tentang apa itu,” katanya.

Marles tidak menjawab pertanyaan anggota audiensi tentang bagian mana dari program militer Cina yang menurutnya tidak jelas. Para pemimpin negara anggota AUKUS, yakni Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, dan Presiden AS Joe Biden mengadakan pertemuan di San Diego, California, 13 Maret 2023 lalu. Pada kesempatan itu, Albanese mengumumkan bahwa negaranya akan membeli kapal selam nuklir buatan AS. “(Ini) merupakan investasi tunggal terbesar dalam kapabilitas pertahanan Australia dalam sejarah kami,” ujar Albanese.

 

Menurut Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan, Australia akan membeli tiga kapal selam bertenaga nuklir dalam periode hingga 2030. Jika dibutuhkan, jumlahnya bakal bertambah menjadi lima kapal. Selain perihal pembelian, Albanese mengungkapkan bahwa Australia, Inggris, dan AS juga sepakat membangun kapal bertenaga nuklir model baru dengan teknologi dari AS dan Inggris. Dengan bantuan AS dan Inggris, Australia juga akan memulai rencana 30 tahun untuk membangun armada kapal selam bertenaga nuklirnya sendiri. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement