Selasa 06 Jun 2023 22:40 WIB

Jepang Dukung Swedia Jadi Anggota NATO

Jepang dan Swedia berencana tingkatkan kerja sama.

Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi. Jepang nyatakan dukungannya terhadap Swedia untuk gabung NATO.
Foto: AP Photo/Eugene Hoshiko
Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi. Jepang nyatakan dukungannya terhadap Swedia untuk gabung NATO.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi menyatakan dukungan Tokyo terhadap pengajuan Swedia untuk menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menjelang KTT aliansi militer itu pada Juli. Hayashi telah bertemu Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson di Tokyo, Selasa (6/6/2023).

Keduanya bertemu untuk membahas rencana peningkatan kerja sama Jepang dan Swedia di tengah perang Rusia-Ukraina dan meningkatnya aktivitas militer Cina di Indo-Pasifik, menurut keterangan Kemlu Jepang. Para pemimpin NATO akan menggelar pertemuan dua hari mulai 11 Juli di Vilnius, Lithuania, selama KTT tersebut.

Baca Juga

Dalam pertemuan itu kemungkinan bakal dibahas soal keanggotaan Swedia, yang harus disetujui oleh 31 anggota NATO. Sebagian besar anggota NATO, termasuk Amerika Serikat, siap menerima negara Skandinavia itu sebagai anggota, sementara Turki dan Hungaria keberatan.

Swedia dan Finlandia mengajukan diri untuk bergabung dengan NATO pada Mei 2022 guna mendapatkan jaminan keamanan dalam menghadapi Rusia, yang menginvasi Ukraina pada Februari tahun lalu. Finlandia, tetangga Rusia yang dikenal netral selama puluhan tahun, telah resmi menjadi anggota NATO sejak April.

sumber : Antara, Kyodo-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement