Selasa 06 Jun 2023 22:51 WIB

Air Makin Tinggi, Warga yang Tinggal di Sekitar Bendungan Kakhovka Dievakuasi

Video viral perlihatkan banjir parah di Kota Nova Kakhovka yang dikuasai Rusia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Reiny Dwinanda
Foto tangkapan layar dari video yang dipasok dari akun Telegram Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada 6 Juni 2023 memperlihatkan limpahan air dari bendungan Kakhovka, di Kakhovka, Kherson, selatan Ukraina, di tengah invasi Rusia.
Foto:

Polisi Ukraina merilis sebuah video yang memperlihatkan seorang petugas membawa seorang lansia ke tempat aman, sementara warga lainnya mengarungi air setinggi lutut di wilayah Kherson. Seorang pejabat senior di administrasi militer Kherson Ukraina, Oleksandr Tolokonnikov, memperingatkan bahwa hal yang lebih buruk akan terjadi.

"Besok ada puncak (banjir), kemudian ada penurunan," ujar Tolokonnikov.

"Kami telah mengevakuasi sekitar 1.000 orang. Kami memiliki sekitar 50 bus bolak-balik antara Kherson dan desa-desa yang terkena dampak. Di Kherson, kami menyiapkan empat lokasi evakuasi," ujar Tolokonnikov.

Bendungan itu memasok air ke sepetak tanah pertanian Ukraina selatan dan semenanjung Krimea yang diduduki Rusia, serta mendinginkan pembangkit nuklir Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia.

Kehancuran bendungan itu menciptakan bencana kemanusiaan baru saat Ukraina melepaskan serangan balasan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk mengusir pasukan Rusia dari wilayahnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement