Rabu 07 Jun 2023 17:17 WIB

Ini Alasan Bungkamnya Elon Musk Saat Kunjungi Cina 

Sebelum berkunjung ke Cina, para CEO dari AS mencari masukan informasi.

CEO Tesla Elon Musk berbicara selama pertemuan virtual di KTT B20 menjelang KTT para pemimpin G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Senin, 14 November 2022.
Foto:

Di antaranya mengenai perluasan penetapan undang-undang konter spionase Cina, ini terkait situasi sensitif menjalankan usaha di Cina. Para CEO itu juga ingin tahu bagaimana berhubungan dengan pejabat Pemerintah Cina dan saat perjalanan tersiar ke publik. 

Menurut dia, mereka tak tertarik berbicara ke media dan menghadapi risiko ditanya untuk berkomentar mengenai hubungan atau sikap Beijing dan Washington. 

Kamar Dagang Uni Eropa menyatakan, perusahaan yang beroperasi di Cina, selalu menerapkan kehati-hatian dalam tingkatan tertentu. Dan saat ini, beradaptasi dengan perubahan di sejumlah area yang mungkin menjadi hal yang sensitif. 

Kementerian Luar Negeri Cina menyatakan banyaknya kunjungan CEO dari AS sinyal kepercayaan pada ekonomi Cina. Terkait undang-undang konter spionase, mereka manyatakan ini hak Cina menjaga keamanan nasional melalui legislasi di dalam negeri. 

 

Selain Musk dan Solomon, ada sejumlah CEO lain yang ke Cina dalam beberapa waktu terakhir ini, yakni Tim Cook dari Apple, Patrick Gelsinger dari Intel, dari General Motor ada Mary Barra, Stephen Schwarzman dari Blackstone, dan dari JPMorgan ada Jamie Dimon.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement