Kamis 08 Jun 2023 21:42 WIB

Ledakan di Masjid Afghanistan Tewaskan 15 Orang

Masjid itu menjadi lokasi sholat jenazah wakil gubernur yang terbunuh hari sebelumnya

Ilustrasi pascaledakan masjid di Afghanistan.
Foto: (AP Photo/Omid Haqjoo
Ilustrasi pascaledakan masjid di Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Ledakan yang terjadi di dalam masjid di provinsi utara Afghanistan menewaskan setidaknya 15 orang dan melukai lebih dari 50 lainnya pada Kamis (8/6/2023). Ledakan itu terjadi di satu masjid di Faizabad, ibu kota Provinsi Badakhshan.

Berdasarkan laporan Tolo News, masjid itu telah menjadi tempat berkumpulnya sejumlah pejabat Taliban untuk melakukan sholat jenazah bagi wakil gubernur yang terbunuh akibat ledakan pada Rabu (7/6/2023). Pejabat rumah sakit setempat memastikan jumlah korban tewas dan mengatakan bahwa korban tewas maupun luka sebagian besar telah dipindahkan ke fasilitas kesehatan.

Baca Juga

Sebelumnya seorang pejabat Taliban setempat, Moazuddin Ahmadi, memastikan telah terjadi ledakan, namun mengatakan tidak mengetahui pasti terkait korban jiwa. Wakil Gubernur Badakhshan Mawlawi Nisar Ahmad Ahmadidan supirnya termasuk sebagai korban tewas dalam ledakan di Faizabad pada Selasa (6/6/2023).

Belum ada kelompok yang mengakui bertanggung jawab atas serangan itu. Namun, Daesh/ISIS telah menyerang sejumlah pemimpin Taliban dan beberapa ulama Afghan, serta telah mengaku bertanggung jawab atas beberapa serangan di Afghanistan, termasuk di sejumlah masjid.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement