Jumat 16 Jun 2023 07:36 WIB

15 Lansia di Kanada Tewas dalam Kecelakaan Fatal

Truk semi-trailer menabrak kendaraan yang ditumpangi oleh para lansia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Setidaknya 15 orang lanjut usia (lansia) tewas dalam kecelakaan di Manitoba, Kanada pada Kamis (15/6/2023).
Foto: AP
Setidaknya 15 orang lanjut usia (lansia) tewas dalam kecelakaan di Manitoba, Kanada pada Kamis (15/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Setidaknya 15 orang lanjut usia (lansia) tewas dalam kecelakaan di Manitoba, Kanada pada Kamis (15/6/2023). Sebuah truk semi-trailer menabrak kendaraan yang ditumpangi oleh para lansia.

Surat kabar Winnipeg Free Press melaporkan, kecelakaan itu terjadi di dekat Kota Carberry di Manitoba yang terletak 170 kilometer barat Winnipeg.  Insiden ini menjadi salah satu kecelakaan paling mematikan dalam sejarah Kanada baru-baru ini.

Baca Juga

Canadian Broadcasting Company (CBC) News menunjukkan foto kendaraan putih yang telah terbakar habis. Mereka juga menunjukkan foto sebuah truk biru dengan bagian depan yang hancur.

Kursi roda dan alat bantu jalan yang sudah rusak tampak berserakan dan berada di dekat terpal yang menutupi jasad korban di lokasi kecelakaan. Para lansia itu menaiki sebuah bus yang dioperasikan oleh Handi-Transit.

Polisi Royal Canadian Mounted telah mengerahkan semua sumber daya ke tempat kejadian. Otoritas kesehatan Manitoba mengatakan evakuasi korban  sedang berlangsung. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau menyebut kecelakaan ini sangat tragis.

“Saya mengirimkan belasungkawa terdalam kepada mereka yang kehilangan orang yang dicintai hari ini. Saya tidak bisa membayangkan rasa sakit yang mereka rasakan,” kata Trudeau.

CBC News melaporkan, penumpang bus sedang dalam perjalanan ke kasino di Carberry, ketika kecelakaan terjadi. Asisten Komisaris Rob Hill, yang memimpin Polisi Manitoba Royal Canadian Mounted mengatakan, peristiwa ini merupakan salah satu tragedi besar.

"Kami telah menetapkan bahwa setidaknya 15 orang dipastikan tewas akibat tabrakan ini. Ini adalah hari di Manitoba dan di seluruh Kanada yang akan dikenang sebagai salah satu tragedi dan kesedihan yang luar biasa," ujar Hill.

Bus itu membawa sekitar 25 orang, kebanyakan lansia.  Sepuluh orang lainnya dirawat di rumah sakit.  Polisi mengatakan, pengemudi kedua kendaraan masih hidup. Polisi belum mengatakan siapa yang mungkin bertanggung jawab atas kecelakaan itu.  Laporan media awalnya mengidentifikasi kendaraan itu sebagai van, bukan bus.  Mereka mengatakan, bus itu dioperasikan oleh Handi-Transit, yang mengangkut lansia dan penyandang disabilitas.

Kecelakaan lalu lintas terburuk dalam sejarah Kanada terjadi pada 1997 ketika sebuah bus yang membawa manula jatuh ke jurang di provinsi Quebec, dan menewaskan 44 orang. Kecelakaan fatal juga pernah terjadi di Saskatchewan pada April 2018. Sebanyak 16 orang tewas setelah sebuah truk menabrak bus yang mengangkut tim hoki junior di jalan pedesaan.  Pengemudi truk itu dijatuhi hukuman delapan tahun penjara pada 2019.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement