Jumat 16 Jun 2023 22:07 WIB

Pegiat Sasar Generasi Muda Jepang Pelajari Tari Bali

Warga Jepang termasuk warga yang paling banyak mengenal budaya Bali.

Tarian Bali (ilustrasi). Warga Jepang pegiat tari Bali Yukai Yokoi ingin menyasar generasi muda Jepang untuk mempelajari tari Bali.
Foto: EPA-EFE/MADE NAGI
Tarian Bali (ilustrasi). Warga Jepang pegiat tari Bali Yukai Yokoi ingin menyasar generasi muda Jepang untuk mempelajari tari Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Warga Jepang pegiat tari Bali Yukai Yokoi ingin menyasar generasi muda Jepang untuk mempelajari tari Bali agar budaya Bali dapat lestari di Negeri Sakura itu.

"Saya harapkan anak-anak kecil atau orang-orang yang masih muda yang belajar supaya bisa dikenalkan ke generasi selanjutnya," kata Yukari saat ditemui usai pertunjukan tari Bali di Tokyo, Jumat (16/6/2023). 

Baca Juga

Yukari mengatakan saat ini sebagian besar yang tertarik dan belajar tari Bali adalah generasi lansia. "Rata-rata umurnya 45 tahun ke atas. Saya harapkan anak-anak kecil itu setidaknya belajar welcome dance," katanya.

Yukari bersama suami, Dewa Nyoman Irawan, yang merupakan penari profesional juga membuka kelas menari di Ubud. Namun, ia mengaku kesulitan dalam mendapatkan murid terutama generasi muda, ditambah kondisi pascapandemi.

"Apakah kurang informasi atau kurang promosikah? Saya mau usahakan dari Bali agak susah," katanya.

Untuk itu, ia bekerja sama dengan komunitas pecinta tari Bali di Jepang agar dapat memperluas jangkauan promosi budaya Bali.

Dalam kesempatan sama, Dewa Nyoman Irawan mengakui, di antara warga dunia lainnya, warga Jepang termasuk yang lebih mengenal budaya Bali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement