Sabtu 17 Jun 2023 12:27 WIB

Menlu AS dan Menlu Singapura Pesimistis dengan Situasi di Myanmar

Sejak kudeta 1 Februari 2021, penguasa junta telah melakukan kampanye kekerasan.

File foto suasana demonstrasi antijunta militer di Myanmar beberapa waktu lalu.
Foto: Anadolu Agency
File foto suasana demonstrasi antijunta militer di Myanmar beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan pada Jumat (16/6/2023) sama-sama menyatakan rasa pesimis terhadap situasi di Myanmar yang sedang mengalami krisis politik sejak kudeta militer pada 2021.

"Kami mendukung rekonsiliasi, lebih banyak dialog, kami jelas ingin memastikan tingkat kekerasan turun," ujar Balakrishnan dalam konferensi pers bersama di Washington, dikutip dari transkrip resmi Departemen Luar Negeri AS.

Baca Juga

"Dan tentu saja dari sudut pandang Singapura, kebijakan kami adalah kami semua harus memastikan senjata atau bahkan alat-alat dan teknologi yang dapat digunakan untuk membahayakan dan melukai warga sipil, harus dilarang," kata dia, menambahkan.

Balakrishnan mengakui bahwa tidak ada kemajuan dari junta Myanmar untuk melaksanakan rencana perdamaian yang tertuang dalam Konsensus Lima Poin. Namun, kata Balakrishnan, bukan berarti ASEAN harus kembali melibatkan junta dalam pertemuan tingkat tinggi maupun pertemuan menteri organisasi tersebut.

Indonesia selaku ketua ASEAN tahun ini, menurutn Balakrishnan, telah melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk duduk bersama dan negosiasi. "Terakhir kali, butuh 25 tahun untuk beberapa bentuk transisi demokrasi terjadi di Myanmar; Saya harap ini tidak akan memakan waktu lama," ucapnya.

Sementara AS akan mendukung upaya ASEAN untuk mencapai...

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement