Sabtu 17 Jun 2023 17:36 WIB

Kemenlu Korsel: Blinken Dukung Seoul Perkuat Hubungan Dengan Beijing

Blinken akan melakukan kunjungan tingkat tinggi sebagai pejabat pemerintah AS ke Cina

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Cina dan Korea Selatan (ilustrasi)
Bendera Cina dan Korea Selatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kementerian Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) mengatakan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mendukung upaya Korsel membangun hubungan kerja sama yang 'sehat dan dewasa' dengan Cina. Blinken akan tiba di Cina pada Ahad (18/6/2023) ini.

Dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri Korsel mengatakan Blinken akan melakukan kunjungan tingkat tinggi sebagai pejabat pemerintah Presiden AS Joe Biden ke Cina. Dalam kunjungan itu ia membahas isu hubungan bilateral AS-Cina dan hubungan Cina dan Korsel dan Korea Utara (Korut).

Kementerian mengutip percakapan antara Blinken dan Menteri Luar Negeri Korsel Park Jin. Kementerian menambahkan Blinken dan Park mengecam keras provokasi Korut.

Kedua menteri, tambah pernyataan tersebut, juga sepakat AS, Korsel dan Jepang terus mendesak Cina memainkan peran konstruktif di Dewan Keamanan PBB dalam isu denuklirisasi. Kementerian Luar Negeri Korsel tidak menjelaskan isu itu lebih lanjut.

Pejabat AS mengatakan mereka tidak berharap kunjungan pertama Blinken sebagai menteri luar negeri ke Cina, akan menghasilkan terobosan mengenai hubungan Washington dan Beijing. Pada Jumat (16/6/2023) kemarin Blinken mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk membuka kembali komunikasi "terbuka dan kuat."

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement