Ahad 18 Jun 2023 14:18 WIB

Topan Hebat Hantam Wilayah Brasil, 11 Orang Tewas

Salah satu daerah yang paling parah terkena dampak topan adalah kota Caraa

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Sedikitnya 11 orang tewas di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil selatan setelah badai tropis hebat menghantam daerah tersebut
Foto: AP
Sedikitnya 11 orang tewas di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil selatan setelah badai tropis hebat menghantam daerah tersebut

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Sedikitnya 11 orang tewas di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil selatan setelah badai tropis hebat menghantam wilayah itu pada Jumat lalu, menurut pihak berwenang negara bagian tersebut.

Badai ini menyebabkan hujan lebat dan pencarian dengan helikopter sedang dilakukan di daerah-daerah yang terendam banjir untuk mencari 20 orang lainnya yang hilang, kata pemerintah Rio Grande do Sul dalam sebuah siaran pers, dilansir Reuters, Ahad (18/6/2023).

Salah satu daerah yang paling parah terkena dampak topan adalah kota Caraa, dengan populasi lebih dari 8.000 orang.

"Situasi di Caraa sangat mengkhawatirkan kami. Sangat penting bagi kami untuk memetakan dengan cepat area-area yang terkena dampak utama dan mengidentifikasi orang-orang yang membutuhkan bantuan," ujar Gubernur Rio Grande do Sul, Eduardo Leite, yang telah mengunjungi daerah tersebut.

Pada Jumat malam, Maquine, sebuah kota di pesisir timur, terjadi curah hujan hebat, yang membuat banjir sekitar satu meter, kata pihak berwenang. Banyak penduduk di daerah yang terkena dampak telah berlindung di fasilitas olahraga luar ruangan di kota mereka.

Pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan akan adanya risiko tanah longsor di beberapa daerah. Leite mengatakan bahwa pihak berwenang telah melakukan 2.400 penyelamatan dalam dua hari terakhir.

"Tujuan utama kami saat ini adalah melindungi dan menyelamatkan nyawa manusia. Kami menyelamatkan orang-orang yang terdampar, mencari orang-orang yang hilang dan memberikan semua dukungan kepada keluarga mereka," katanya.

Banjir yang mematikan di Brasil merupakan hal yang biasa terjadi dan telah menyebabkan kehancuran selama beberapa dekade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement