Kamis 22 Jun 2023 06:30 WIB

Cina Kembali Berulah, Kirim Kapal Induknya ke Selat Taiwan

Kapal induk Shandong ikut dalam latihan militer Cina di sekitar Taiwan April lalu.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Kapal induk pertama Cina berlayar di Selat Taiwan. ilustrasi
Foto: CCTV News
Kapal induk pertama Cina berlayar di Selat Taiwan. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan grup kapal induk Cina yang dipimpin kapal induk Shandong berlayar melalui Selat Taiwan. Pelayaran ini dilakukan saat ketegangan militer mengenai klaim Beijing bahwa pulau itu bagian dari wilayahnya semakin memanas.

Pada Rabu (21/6/2023) kementerian mengatakan Shandong yang mulai beroperasi 2019 lalu berlayar ke arah selatan melalui bagian barat Selat Taiwan. Kementerian mengatakan mengirimkan "pasukan yang sesuai" untuk memantau aktivitas Cina.

Baca Juga

Kapal induk Shandong berpartisipasi dalam latihan militer Cina di sekitar Taiwan pada bulan April lalu, beroperasi di Pasifik barat. Pada Maret tahun lalu kapal itu berlayar melewati Selat Taiwan, beberapa jam sebelum pemimpin Cina dan Amerika Serikat (AS) berbicara.

Cina tidak pernah membuang kemungkinan menggunakan kekuatan untuk menegaskan kembali kedaulatannya di Taiwan. Beberapa tahun terakhir Beijing meningkatkan aktivitas militer di sekitar pulau yang dikelola secara demokratis tersebut.

Taiwan dengan tegas membantah klaim dan berjanji akan membela diri. Pemerintah Taiwan mengatakan hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan masa depannya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement